Berita Ekonomi

Penukaran Uang Baru Selama Ramadhan dan Idul Fitri Hanya Sampai 11 Mei 2021

Penukaran Uang Baru Selama Ramadhan dan Idul Fitri Hanya Sampai 11 Mei 2021

JAKARTA – Penukaran uang baru untuk periode Ramadan dan Idulfitri akan dibuka hingga 11 Mei 2021. Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim menyampaikan layanan penukaran uang baru telah dibuka mulai 12 April 2021.

“Penukaran dapat dilakukan di 4.608 kantor cabang atau outlet bank umum, masyarakat dapat memperoleh layanan penukaran tersebut mulai tanggal 12 April hingga 11 Mei 2021,” Marlison.

Baca Juga: 10 Daerah Rawan Gempa dan Tsunami, Sulut Termasuk

Marlison mengatakan BI pada periode Ramadan dan Idulfitri tahun ini menyiapkan uang tunai sebesar Rp152,14 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Jumlah tersebut meningkat sebesar 39,33 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dibandingkan dengan realisasi tahun lalu yang tercatat sebesar Rp109,20 triliun,” lanjutnya.


Dirinya menambahkan penyediaan kebutuhan uang tunai tersebut telah memperhatikan berbagai asumsi makroekonomi terkini dan kondisi terkait penyebaran pandemi Covid-19.

“BI juga mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai melalui digital banking, uang elektronik, dan QR Code Indonesian Standard (QRIS). Bersinergi dengan perbankan, BI berupaya memberikan layanan yang prima untuk memfasilitasi penukaran uang Rupiah di masyarakat dalam jumlah yang cukup khususnya selama periode Ramadan dan Idulfitri,” jelasnya.(*)

.
To Top