Prioritas Tingkatkan SDM Lewat Sektor Akademik, Bupati Sachrul Teken MoU dengan Unsrat

Prioritas Tingkatkan SDM

KRONIK TOTABUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan salah satu Perguruan tinggi negeri ternama di Sulawesi Utara (Sulut), Universitas Sam Ratulangi, Selasa, 7 Juni 2022.

Penandatanganan mOu ini dilakukan secara langsung oleh oleh Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto bersama dengan Rektor Unsrat, Prof, DR, Ir Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA di Gedung Rektorat Unsrat, Selasa (7/7).

Adapun kesepakatan kerjasama antara Pemkab boltim dan Unsrat ini meliputi, pemerintahan, pembangunan, administrasi, sosial ekonomi, kelembagaan dan kesejahteraan rakyat melalui pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga: Usulkan Perbaikan dan Pembangunan Sejumlah Tanggul, Bupati Sachrul Kunjungi BWS Sulawesi I

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, kerjasama ini sangat penting bagi putra – putri boltim, selain bisa mendapatkan pendidikan, mereka juga akan pulang dengan membawa sumberdaya untuk daerah.

“Ini sangat penting bagi putra-putri boltim yang bisa mendapat pendidikan Unsrat, kemudian bagaimana mereka pulang membawa sumber daya yang dimilikinya untuk membangun Boltim. Sebab, ada beberapa tenaga ahli yang dibutuhkan dari Unsrat untuk membantu Boltim dalam hal teknis,” kata Sachrul.

Bupati juga mengungkapkan telah membicarakan hal ini dengan Sekretaris Daerah (Sekda) dan para asisten untuk memberikan beasiswa bagi putra – putri daerah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Saya telah membicarakan ini bersama dengan Sekda dan para asisten, agar memberikan beasiswa dari APBD terutama jurusan Kedokteran yang S1  maupun Dokter Spesialis,” ujarnya.

Disisi lain, Rektor Unsrat dalam kesempatannya menyampaikan, kerjasama ini merupakan rangkaian yang baik dan dibutuhkan.

Selain itu, ia juga mengucapakan terima kasih kepada Bupati Boltim yang juga sebagai alumni Unsrat.

“Unsrat terbuka untuk menjadi tempat pendidikan, baik untuk masyarakat Boltim maupun kerjasama lainnya, termasuk apabila ada staf Pemda Boltim yang ingin melanjutkan ke jejang lebih tinggi. Saya berharap kerjasama ini bisa diimplementasikan,” ujarnya.

Adapun penandatanganan MoU itu disaksikan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Boltim Muhammad Jabir, Sekda Boltim, Ir Sonny Warokka, asisten bidang pemerintahan dan Kesra, Priyamos, Sekwan Afandi Abdul,SE, Kadis PUPR, Haris Sumantha, Kabag Umum, Abdal Mamonto dan para jajaran dari Pemkab Boltim, serta perwakilan Unsrat, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Penganggaran dan Kerjasama, Prof. DR.Ir. Sangkertadi, DEA, DR. Ir. John Tasirin, MSc, bersama jajaran dari Unsrat.(Retho Bambuena)

Berita Terpopuler