Berita Ekonomi

Rupiah Diprediksi Menguat Hari Ini

Rupiah Diprediksi Menguat Hari Ini
Kroniktotabuan.com

JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diperkirakan menguat pada perdagangan hari ini, Senin (15/2/2021). Sejumlah faktor seperti surplus neraca perdagangan diperkirakan menjadi sentimen positif bagi pergerakan mata uang Garuda.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat diprediksi menguat pada perdagangan hari ini, Senin (15/2/2021).

Ada sejumlah faktor seperti surplus neraca perdagangan diperkirakan menjadi sentimen positif bagi pergerakan rupiah.

Baca Juga: Begini Cara Menggunakan Materai Rp 3.000 Dan Rp 6.000

Sejumlah sentimen internal dan eksternal yang membuat nilai tukar rupiah bisa bertahan di bawah level psikologis Rp14.000.

“Untuk perdagangan Senin mata uang rupiah masih berfluktuatif, walaupun akhirnya ditutup menguat tipis di rentang Rp13.950-Rp13.990,” ujar Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi .

Dia melanjutkan bahwa Bank Indonesia dalam pertemuan pekan ini kemungkinan akan menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 3,5 persen.

“Penurunan suku bunga diperkirakan bakal terjadi untuk menggenjot daya beli sehingga mendongkrak laju perekonomian,” lanjutnya.

Pada Januari 2021 inflasi hanya mencapai 0,26 persen dan 1,55 persen secara tahunan. Sementara pada Februari 2021, inflasi diperkirakan sebesar 0,01 persen dan 1,25 persen secara tahunan.

Baca Juga: OJK Minta Bank Jangan Tambah Pinalti Bagi Debitur yang Direstrukturisasi

“Apabila Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 3,5 persen itu sangat di mungkinkan karena pertumbuhan ekonomi perlu ada pendorong yang pasti,” ungkapnya.

Sementara hari ini Badan Pusat Statistik (BPS) akan melansir neraca perdagangan Indonesia periode Januari 2021.  Neraca perdagangan pada Januari 2021 diperkirakan bakal surplus. Meski begitu realisasinya diyakini lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya.(tim)

To Top