Berita Boltim

Bupati Boltim Kepala Daerah Pertama yang Terima Buku “79 Penyair Membaca Indonesia”

Foto Berita Boltim

KRONIK TOTABUAN – Salah satu putra daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Jamal Rahman Iroth menyerahkan sebuah buku Antologi Puisi yang berjudul 76 Penyair Membaca Indonesia kepada Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto, Selasa (17/8/2021).

Jamal mengaku bahwa dirinya sangat berterima kasih atas kesempatan Bupati Boltim sudah menerima secara langsung buku yang diterbitkan oleh Taman Inspirasi Sastra Indonesia sebagai panitia penerbitan Buku 76 Penyair Membaca Indonesia.

Baca Juga: Peringati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76, Pemkab Kibarkan Merah Putih di 3 Titik di Boltim

“Secara Nasional buku ini persembahan penyair seluruh Indonesia, dan sudah diserahkan ke Istana Presiden, kemudian di Daerah lainnya dan khusus Boltim merupakan Kabupaten yg pertama buku ini diterima langsung oleh Bupati,” ujar Jamal.

Jamal berharap, keikutsertaannya dalam buku itu bisa menjadi sedikit kontribusi di tengah situasi pandemi.

“Saya ingin kita semua tidak berdiam dan pasrah dengan adanya wabah Covid-19,” ujar Jamal.

Dirinya juga menyarankan agar Dinas Perpustakaan dan kearsipan Boltim bisa merespon karya-karya literasi yang dihasilkan oleh para penulis dan kreator di Boltim.


“Minimal dengan cara mengarsipkannya di perpustakaan Daerah. Sudah ada beberapa buku dan karya-karya literasi digital yang dihasilkan oleh orang Boltim. Dinas harusnya lebih proaktif mendeteksi bahkan mengkoleksi karya-karya tersebut. Melalui Bupati, saya berharap bisa memberi isyarat kepada Dinas Perpustakaan,” lanjutnya.

Jamal juga mengungkapkan bahwa saat ini ada beberapa komunitas Literasi yang sedang tumbuh dan berkembang di Boltim. Sebut saja di antaranya komunitas Dodoku Literasi, Lotung Literasi, Yobayat Komintan, ada juga komunitas literasi digital Boltim Movement Photography.

“Saya berharap instansi terkait seharusnya mendukung gerakan-gerakan komunitas, dengan mensinergikan programnya,” lanjutnya.

Sementara Bupati Boltim mengungkapkan rasa bangganya dan ucapan terima kasih atas karya tersebut yang turut melibatkan salah satu putra daerah Boltim.

“Secara pribadi saya sangat berbangga dengan diterbitkannya buku ini terutama dengan dilibatkan  salah satu penyair terbaik dari tanah Boltim, saya juga mengucapkan terima kasih karena dengan diberikannya buku ini, koleksi buku saya bertambah,” ucap Sachrul.(retho)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top