Advertorial

Pemkab Bolmong Sukses Gelar Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Foto Advertorial
Yasti Soepredjo Mokoagow

KRONIK TOTABUAN – Upacara peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) sukses digelar dengan khidmat di halaman kantor Bupati Bolmong, Desa Lalow Kecamatan Lolak, Selasa (17/8/2021).

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) saat penaikan bendera, dan Wakil Bupati (Wabup) Yanny Ronny Tuuk menjadi Irup penurunan bendera.

Turut hadir pada upacara tersebut, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, dan unsur Forkopimda. Sedangkan, untuk para pimpinan OPD dijadwalkan berbeda atau dibagi 50 persen menghadiri upacara penaikan bendera dan 50 persen lagi menghdiri upacara penurunan bendera.

Foto Advertorial

Sementara, para perangkat daerah, Camat, Sangadi atau Kepala Desa, Kepala Bagian Sekretariat Daerah (Setda) serta para ASN diwajibkan mengikuti upacara detik-detik proklamasi melalui virtual.

Bupati Yasti saat diwawancarai sejumlah awak media mengucapkan, selamat HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 kepada seluruh masyarakat Bolmong.

“Kita tahu bersama kemerdekaan ini tidak ditujukan kepada orang-orang yang sudah putus asa dan tidak mau berusaha. Tetapi, ditujukan kepada orang-orang yang pantang mundur dan menyerah, untuk mencapai cita-cita,” kata Yasti usai bertindak sebagai Irup  HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Foto Advertorial

Yasti berharap, ke depan anak-anak Bolmong pantang menyerah untuk menggapai cita-cita. Menurutnya, tugas pemerintah adalah mendorong kaum muda Bolmong yang berprestasi dan yang gigih berusaha untuk menggapai apa yang diinginkannya.

Ia mengatakan, Pemkab Bolmong juga akan memberikan apresiasi kepada 36 anggota Paskibraka yang sukses menjalankan tugas dengan baik.

“Hampir dua bulan mereka berlatih, hujan maupun panas. Tentu pemerintah tidak menutup mata, apresiasi pasti akan diberikan seperti tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya.

Selain itu, apabila ada dari para anggota Paskibraka yang berprestasi di bidang pendidikan, maka pemerintah siap memberikan beasiswa.


Foto Advertorial

“Selain itu, jika ada yang ingin meneruskan pendidikannya di Polri, TNI, maupun IPDN, kami akan memberikan rekomendasi catatan kebaikan dan kemauannya untuk menggapai cita-citanya. Sementara apresiasi yang lain, seperti di tahun-tahun sebelumnya, Pemkab bakal memberikan apresiasi, karena kita yakin anak-anak ini perlu untuk refreshing, nanti tinggal tunggu pandemi ini berakhir,” kata Yasti menjelaskan.

Ia juga mengajak kepda masyarakat Bolmong agar di HUT Proklamasi ke-75  RI ini bersama-sama bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

Usai pelaksanaan upacara bendera, Bupati Yasti, melakukan penandatanganan prasasti sebagai tanda diresmikannya 5 kantor baru. Dan dilanjutkan mengikuti peringatan detik-detik Proklamasi ke-76 RI di Istana Negara secara virtual, bersama  Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Serta unsur Forkopimda lainnya.

Foto Advertorial

Perlu diketahui, sebelumnya pada Senin, 16 Agustus 2021, Bupati Yasti menyerahkan duplikat bendera merah putih pada upacara penyerahan duplikat bendera  merah putih di Rumah Dinas Bupati Bolmong, Kecamatan Lolak.

Duplikat merah putih itu diserahkan kepada Paskibraka dan disemayamkan di Kantor Bupati sebelum dikibarkan pada puncak detik-detik HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Berikut nama-nama Paskibraka yang bertugas saat penaikan dan penurunan bendera merah putih:

Foto Advertorial

Anggota Paskibraka yang bertugas saat penaikan bendera yakni, pembawa bendera pusaka, Rifani Pontoh siswa asal SMA N 1 Poigar dan pembawa bendera duplikat, Ni Made Noviasari siswa asal  SMA Swadarma Mopugad. Sedangkan, pengibar bendera yakni, Febri Husain (Pembentang), Moh Arvito Sinadia (Panpok) dan Moh Farli Paputungan bertugas sebagai penarik bendera

Sementara yang bertugas saat penurunan bendera yakni, Pembawa bendera, Kezia Oroh siswa asal SMAN 1 Dumoga, dan Anggelin Manabung siswa SMA Kezia Lolak. Untuk pengibar, Irgi Paputungan siswa SMAN 1 Poigar, Moh Tariono Damogalad, SMAN 1 Lolak dan Firdaus S Putra siswa asal SMA Yadika, Kopandakan 2. (adv)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top