DP3A Kotamobagu Beri Trauma Tealing Untuk Anak-anak Korban Kebakaran

KRONIK TOTABUAN – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) kembali melakukan kunjungan ke lokasi korban terdampak bencana kebakaran di Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, Rabu (8/12/2021).

Kunjungan kali ini dikhususkan bagi anak-anak yang terdampak bencana kebakaran lalu. Adapun maksud dan tujuannya untuk memberikan pendampingan dengan menggelar kegiatan trauma healing, sekaligus pemberian bantuan kepada anak-anak.

Baca Juga: Target PAD Kotamobagu Sentuh Angka 92 Persen

“Kita ada dua kegiatan yakni pemberian bantuan dan pendampingan kepada anak-anak. Tadi itu ada 20 anak yang kita kumpul, tapi anak-anak yang rumahnya terbakar ada 12 anak,” ujar Kepala Dinas P3A Kotamobagu Virginia Olii, melalui Kabid Perlindungan Hak Perempuan, Perlindungan Khusus Anak, dan Pemenuhan Hak Anak, Novalia Djaman.

Lanjutnya, untuk bantuan yang diberikan berupa buku tulis dan alat tulis dan makanan ringan kepada anak-anak yang terkena dampak bencana kebakaran. Sedangkan khusus pendampingan teknis tentang trauma healing dan psikolog dengan melakukan assessment kepada anak-anak korban terdampak bencana kebakaran dari psikolog klinis anak serta pekerja sosial yang tergabung pada UPTD PPA Kotamobagu. Trauma healing dilakukan untuk proses penyembuhan terhadap trauma atas dampak kebakaran, agar anak-anak bisa terus bahagia tanpa bayang-bayang kejadian tersebut.

“Ini semua dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada anak-anak pasca kebakaran. Intinya bagaimana anak-anak tidak trauma lagi,” ungkap Novalia.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas P3A Kotamobagu bersama UPTD PPA Kotamobagu menggandeng atau melibatkan Forum Anak Daerah Kotamobagu. (bto)

Berita Terpopuler