Manguni
Dpc Pdip Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Pedagang barito di pasar Serasi Kotamobagu

Pedagang barito di pasar Serasi Kotamobagu

KOTAMOBAGU– Memasuki Ramadan, sejumlah kebutuhan rumah tangga mendadak naik. Paling mencolok adalah naiknya harga bawang rica dan tomat (Barito).

Di Pasar Serasi, harga bawang putih yang sebelumnya Rp40 ribu naik menjadi Rp50 ribu. Sedangkan rica atau cabai rawit naik dari harga sebelumnya Rp45 ribu per kilogram (Kg) menjadi Rp65 ribu. Sementara itu tomat naik dari Rp5 ribu per Kg menjadi Rp10 ribu.

Susanti Rahman, pedagang barito mengatakan, kenaikan harga mulai terjadi sejak empat hari lalu. Dia menyebut faktor cuaca yang terus menerus hujan membuat pasokan ke pedagang berkurang.

Susanti dan sejumlah pedagang lainnya tidak berani memberi jaminan, apakah selama Ramadan hingga Lebaran nanti harga barito akan turun lagi.

“Karena kami pedagang ini tergantung pasokan serta harga yang diberikan petani atau distributor. Kami cari untung juga tidak besar. Kalau pasokan normal dan harga diberikan ke kami di bawah, tidak mungkin kami jual tinggi,” ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdagkop dan UKM) Kotamobagu Herman Aray saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan melakukan pemantauan harga bahan pokok di pasaran selama Ramadan.

“Kami akan turunkan tim memantau harga dan menilai apakah kenaikan ini masih wajar atau tidak. Memang karena beberapa waktu ini cuaca sedang buruk, mungkin itu penyebab pasokan dari petani kurang sehingga harganya naik,” kata Herman. (rez)

To Top