Berita Bolmong

Hasil Uji Sampel DLH, Tiga Sungai di Bolmong Tercemar Merkuri

Foto Berita Bolmong
Uji sampel di Sungai Kaiya Bolmong oleh Dinas Lingkungan Hidup.

KRONIK TOTABUAN – Tiga Sungai di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terdeteksi mengandung senyawa Merkuri.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bolmong, melalui Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan Hidup, Pengelolahan Sampah dan Bahan Berbahaya Beracun, Deasy Makalalag, usai melakukan uji sampel di 3 sungai tersebut.

“Tiga sungai ini yaitu, Sungai Ongkag yang ada di Desa Komangaan, Sungai Dumoga dan Sungai Kaiya. Tiga sungai ini terdeteksi mengandung senyawa Merkuri,” ucap Deasy, baru-baru ini.

Menurutnya, Merkuri yang terdeteksi di tiga sungai tersebut belum melewati baku mutu.

Baca Juga: Warga Bisa Pantau Capaian Kinerja SKPD Bolmong Lewat Aplikasi Akselerasi

“Yang terbaca di sungai adalah 0,0006 mg/L, sedangkan untuk baku mutunya 0,002 mg/L. Untuk lewat baku mutu, merkuri yang terdeteksi harus ada di kisaran 0,005 mg/L,” jelas Deasy.


Meski begitu ia mengatakan jika ini merupakan tanda awas terutama bagi kualitas air sungai di Bolmong.

“Tentunya ini menjadi tanda awas bagi kami. Dalm waktu dekat ini kami akan terus melakukan pemantauan secara berkala,” terangnya.

Saat ditanya penyebabnya, Deasy menyebut aktivitas tambang liar menjadi salah satu faktor penyebab air sungai tercemar.

“Salah satu penyebabnya yakni tambang liar, kebanyakan kita dapati banyak tambang liar yang menggunakan berbagai zat kimia seperti merkuri, elemen kimia ini kemungkinan jatuh ke singai dan mencemarinya. Padahal, kami sudah mengingatkan untuk tidak menggunakan merkuri karena dampaknya akan seperti ini,” tutupnya.***

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top