Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Ikuti Musrenbang RKPD Provinsi Sulut, Pj. Walikota Kotamobagu Terima Penghargaan dari Ombudsman RI


24 Apr 2024 18:06 WITA


 Ikuti Musrenbang RKPD Provinsi Sulut, Pj. Walikota Kotamobagu Terima Penghargaan dari Ombudsman RI Perbesar

KRONIK TOTABUAN, Kotamobagu – Rabu, 24 April 2024, Pj. Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani menghadiri Musrenbang RPJPD Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2025 – 2045 dan Musrenbang RKPD Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2025, bertempat di Hotel The Sentra Manado, Kabupaten Minahasa Utara.

Dalam kegiatan ini, Pj. Wali kota sekaligus menerima Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2024 dan Penghargaan Sensanitasional Award Tahun 2024 dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Penghargaan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara.

“Hari ini, Pj. Wali Kota Kotamobagu, Bapak. Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, menghadiri Musrenbang RPJPD Provinsi Sulawesi              Utara Tahun 2025 – 2045 dan Musrenbang RKPD Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2025. pada kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota Kotamobagu, juga menerima Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara, Bapak. Prof. Dr. (H.C) Olly Dondokambey. SE, yakni masing – masing, Piagam Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2024 sebagai Terbaik III Perencanaan dan Pencapaian Daerah Tingkat Kota, dan Piagam Penghargaan sebagai Terbaik III Kategori Akses Sanitasi Aman, dalam penilaian Anugerah Sulawesi Utara Sensanitasional Award Tahun 2024,” ungkap Kepala Bappelitbangda Kota Kotamobagu, Chelsia Paputungan.

Chelsia juga menambahkan bahwa hal yang menjadi Indikator penilaian atas diraihnya Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) sebagai Terbaik III Tingkat Kota se Sulawesi Utara berdasarkan Capaian Indikator Makro Pembangunan, Pelayanan Publik,  kualitas dan Konsistensi Dokumen Perencanaan, serta Inovasi Daerah.

“Adapun Inovasi yg diangkat adalah Si Asri atau Sistem Informasi Aman, Simpel, dan Terintegrasi, dimana Si Asri merupakan terobosan yang diinisiasi dalam rangka menghadapi tantangan era Digitalisasi dan Implementasi Teknologi Informasi yang semakin pesat dimana sistem ini mengintegrasikan pelayanan dari berbagai Unit Pelayanan di Rumah Sakit, sehingga proses pelayanan lebih Cepat, Akurat dan Mudah. SI ASRI dikhususkan bagi pasien prioritas agar cepat menerima Pelayanan Kesehatan karena melalui sistem ini Pasien dapat mengurangi waktu tunggu untuk mendapatkan Pelayanan Kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu lanjut Chelsia, untuk penilaian pada penghargaan Sulawesi Utara Sensanitasional Award Tahun 2023 yang diraih Pemerintah Kota Kotamobagu, berdasarkan penilaian yaitu air limbah domestic dan persampahan.

“Dimana masing–masing Indikator ada beberapa aspek yaitu Implementasi Fisik, Pendanaan, Regulasi, Advokasi, Kelembagaan dan Monev serta Inovasi,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut, Pj. Wali Kota Kotamobagu, juga menerima penghargaan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara, kepada Pemerintah Kota Kotamobagu yang diserahkan langsung Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia, Meilany. F. Limpar, SH,MH.

“Pemerintah Kota Kotamobagu pada penilaian Tahun 2023 mengalami peningkatan Indeks dari sebelumnya, dimana pada penilaian Tahun 2022 Pemerintah Kota Kotamobagu mendapatkan Indeks 56,26 Zona Kuning dengan Predikat C Kualitas Sedang,” ucap Kabag Orpeg Pemerintah Kota Kotamobagu, Andi Abasi, ST.

Sedangkan, pada Tahun 2023 Pemerintah Kota Kotamobagu mendapatkan Indeks Kepatuhan Pelayanan Publik sebesar 82,67 Zona Hijau dengan Predikat B Kualitas Tinggi.

“Diharapkan pada Penilaian Tahun 2024 Indeks Kepatuhan Pelayanan Publik Pemerintah Kota Kotamobagu dapat lebih meningkat, dimana salah satu strategi yg dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui Bagian Organisasi Pemerintah Kota Kotamobagu adalah dengan menyelenggarakan Pelayanan Publik Award yg melibatkan seluruh Perangkat Daerah dengan mendapat pendampingan langsung oleh Ombusdman RI Perwakilan Sulawesi Utara dan Biro Organisasi Provinsi Sulawesi Utara,” tambahnya.

Acara ini turut dihadiri para pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Kota se – Provinsi Sulawesi Utara.(Reto)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Gebyar PAUD 2024, Disdik Bolmong Tingkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Lewat Berbagai Lomba

20 Mei 2024 - 17:59 WITA

Berlangsung Meriah! Pj. Walikota dan Forkopimda Ikuti Lomba Sambut HUT Kotamobagu

20 Mei 2024 - 15:08 WITA

Gebyar PAUD Bolmong Meriah Limi: Jadikan Ini Wahana Bermain, Belajar dan Berkreasi Anak

20 Mei 2024 - 14:59 WITA

Olahraga Pound Fit Sedang Trend di Kotamobagu, Yuk Gabung di Komunitasnya!

20 Mei 2024 - 12:15 WITA

Babak Belur Dikeroyok Istri dan Anak Tiri, Dasmun Lapor ke Polsek Lalan

20 Mei 2024 - 09:42 WITA

Sambut HUT Kota Kotamobagu, BRI Gelar Aksi Bersih-Bersih Ruang Publik

17 Mei 2024 - 15:42 WITA

Trending di Berita Daerah