Mantan Napi Korupsi, Suharjo: Saya Sudah Umumkan ke Media - Kronik Totabuan

Mantan Napi Korupsi, Suharjo: Saya Sudah Umumkan ke Media

 

Jainuddin Damopolii dan Suharjo Makalalag saat menggelar konfrensi pers di kantor KPU Kotamobagu.

KOTAMOBAGU– Calon Wakil Walikota Kotamobagu dari jalur independen Suharjo Makalalag merupakan mantan narapidana (napi) kasus korupsi Tunjangan Penghasilan Aparatur Pemerintah Desa (TPAPD) Bolmong tahun 2010.

Statusnya sebagai mantan napi tersebut mengharuskan pasangan dari Jainuddin Damopolii ini untuk mengumumkannya ke publik melalui media massa. Pengumuman itu menjadi salah satu syarat yang dimasukkan ke KPU Kotamobagu saat mendaftar, Rabu (10/1/2018).

Suahrjo usai mendaftar di KPU mengungkapkan, pekan lalu dirinya sudah mengumumkan diri sebagai mantan napi dan sudah menjalankan masa hukumannya 9 bulan penjara.

“Sudah diumumkan pada hari Kamis dan Jumat pada dua koran harian, bahwa saya pernah menjadi terpidana dan menjalani hukuman selama sembilan bulan, dan itu sudah selesai,” kata Suharjo saat konfrensi pers di kantor KPU Kotamobagu.

Ketua KPU Kotamobagu, Nova Tamon membenarka bahwa Suharjo telah memasukan berkas syarat termasuk bukti pernyataannya ke media massa soal kasus hukum yang pernah dia jalani.

“Bukti pengumumannya sudah dimasukan tadi. Ada dua media cetak untuk bukti pernyataan Pak Suharjo dan ditandatangani oleh pimpinan redaksi di media tersebut,” ujar Tamon.

Sekadar referensi, pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota dan Wakil Walikota, bakal calon yang pernah menjadi narapidana wajib mengumumkan status dirinya dan kasus yang dia pernah jalani ke publik melalui media massa.(rza)

COMMENTS

WORDPRESS: 0