Berita Bolmong

Pemkab Bolmong Terima Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Kalteng

Pemkab Bolmong Terima Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Kalteng
Pemkab Bolmongm menerima kunjungan kerja DPRD Provinsi Kalimantan Tengah.

BOLMONG – Sejumlah anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Bolmong, Selasa (4/5/2021).

Kedatangan anggota DPRD Provinsi Kalteng ini untuk belajar soal bagiamana Pemkab Bolmong bersama daerah lainnya bersiap membentuk Daerah Otonomi Baru (DOB) yakni Provinsi Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Asisten I Setda Bolmong, Deker Rompas didampingi Wakil Ketua DPRD Bolmong Sukron Mamonto, dan Ketua Prisidium Pemekaran Abdullah Mokoginta menyambut langsung para anggota DPRD Provinsi Kalteng di aula pertemuan kantor Bupati, Kecamatan Lolak.

Deker sedikit memaparkan terkait pembentukan Provinsi BMR yang di dalamnya ada 4 kabupaten dan 1 kota.

Baca Juga: Bolmong WTP Perdana, Yasti: Terima Kasih untuk Seluruh PNS

“Semoga dengan adanya kunjungan ke Kabupaten Bolaang Mongondow saat ini bisa memberikan setidaknya sedikit pencerahan terkait apa saja yang perlu diperhatikan baik secara administrasinya, aspirasi, maupun kebijakan strategis terhadap usulan, serta kelengkapan persyaratan untuk membentuk daerah otonom baru,” jelas Deker.

Sementara itu, Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Kalteng Yohanes Freddy Ering menyebut, maksud serta tujuan ia bersama rombongan datang ke Bolmong yakni, dalam rangka studi komparasi soal pembahasan usulan DOB.

Di Provinsi Kalteng juga sudah mengusulkan pembentukan Kota Waringin. Karena itu penting bagi mereka belajar di Bolmong.

Baca Juga: ASN Nekat Mudik, Laporkan!

“Rombongan kali ini sebagai tim pembahasan usulan DOB yang terdiri terdiri dari lintas fraksi dan komisi. Kunjungan kali ini yakni dalam rangka kaji banding ke Kabupaten Bolmong yang merupakan wilayah usulan pemekaran Provinsi BMR” terangnya.


Ia menjelaskan, kedatangan tim DPRD Provinsi Kalteng, yakni untuk belajar segala bentuk yang menjadi panduan bagi Kalteng guna mewujudkan pemekaran daerah Kota Waringin, mengingat Kalteng daerah yang memiliki wilayah yang cukup luas.

Sebelumnya, kata Yohanes, pihaknya telah melakukan pertemuan terlebih dahulu ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, bertempat di Gedung DPRD Sulut, Manado.

“Kami mendapat informasi baik. Serta, sangat mendukung usulan pembentukan persiapan Provinsi BMR yang didukung juga oleh Pemerintah Provinsi Sulut, ini sangat luar biasa,” jelasnya. (len)

.
To Top