Berita Nasional

Pendaftaran SNMPTN Ditutup Esok, Ikuti Cara Ini Supaya Lulus

Pendaftaran SNMPTN Ditutup Esok, Ikuti Cara Ini Supaya Lulus
Ilustrasi. (google/internet)
Kroniktotabuan.com

PORTAL SULUT – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan menutup pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada Rabu (24/2/2021), pukul 15.00 WIB esok.

Kesempatan mendaftar tinggal beberapa jam lagi. Pendaftaran sudah dibuka sejak 15 Februari 2021 lalu.

“Kami minta siswa segera melakukan pendaftaran dan melakukan finalisasi data mengingat batas akhir pendaftaran pada 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB,” kata Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih.

Baca Juga: Angka Pernikahan Usia Dini di Bolmong Masih Tinggi, Sekda Bolmong Imbau Begini

Jika masih bingung cara mendaftar SNMPTN, ikuti langkah di bawah ini agar lulus.

  1. Login Siswa

Kungjungi portal LTMPT resmi terlebih dahulu di: portal.ltmpt.ac.id.
Lakukan Login dengan memasukkan email dan password ke dalam kolom yang telah disediakan, kemudian tekan tombol ‘Masuk’.

Pastikan akun sudah teregistrasi terlebih dahulu, serta pendaftar adalah siswa eligible, memiliki akun yang sudah permanen, dan memiliki nilai lengkap di PDSS.

  1. Isi Kelengkapan Data Orang Tua pada Halaman Profil

Halaman Profil berisi informasi biodata dari siswa, yang telah diambil dari data yang telah diisikan di portal dan tidak dapat diubah.

Baca Juga: Bupati Yasti Akan Geser 21 Pejabat, Berikut Daftarnya

Siswa hanya perlu mengisi kolom ‘Kelengkapan Data Orang Tua’ yang terdiri dari ‘Penghasilan Orang Tua’ serta ‘Jumlah Tanggungan Orang Tua’.

Setelah mengisi data tersebut, kemudian tekan tombol ‘Simpan’. Jika berhasil, maka akan muncul keterangan ‘Berhasil menyimpan kelengkapan data’, dan pendaftar bisa melanjutkan ke halaman ‘Pilihan’.

  1. Mengisi pilihan Program Studi (Prodi) pada Halaman Pilihan

Memilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan PTN/Politeknik Negeri, setelah itu akan muncul Daftar Prodi.
Perlu diperhatikan, jika memilih dua Prodi sekaligus, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/SMK/MA asalnya.

Pada pilihan Prodi terdapat kolom Portofolio. Jika kolom portofolio bernilai, maka Prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen portofolio.

Setelah terisi, pilih ‘Simpan’ dan jika berhasil akan muncul keterangan ‘Berhasil menyimpan pilihan’.

  1. Mengisi Portofolio

Beberapa Prodi (misalnya kesenian) mensyaratkan untuk mengisikan portofolio, jika Prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya portofolio, maka halaman portofolio akan kosong. Untuk melihat instruksi dan kebutuhan portofolio silahkan unduh dokumen yang disediakan di ltmpt.ac.id.

Baca Juga: 11 Jabatan Eselon Dua di Bolmong Akan Dilelang

Untuk mengisi portofolio, pilih ‘Choose File’ untuk memilih file yang akan diupload, kemudian tekan tombol ‘Simpan’. Jika berhasil mengunggah akan muncul keterangan ‘Berhasil mengunggah’.

  1. Mengunggah Prestasi

Langkah mengunggah prestasi bersifat tidak wajib atau bisa dikosongkan. Akan tetapi jika siswa memiliki prestasi yang sesuai, lakukan upload prestasi karena hal tersebut bisa menjadi pertimbangan manajemen dalam meloloskan pendaftar.

Perlu diperhatikan, Prestasi yang diisikan maksimal 3 prestasi saja.
kemudian upload bukti prestasi dengan menekan tombol ‘Choose File’ untuk memilih file yang akan diupload, kemudian tekan tombol ‘Simpan’. Jika berhasil mengunggah akan muncul keterangan ‘Berhasil mengunggah file nama_file.jpg/nama_file.pdf’.

  1. Melakukan Finalisasi

Setelah melakukan pengisian data persyaratan dengan benar, pendaftar diharapkan melakukan finalisasi data pilihan SNMPTN.
Perlu diperhatikan, ketika melakukan finalisasi, maka seluruh isian data tidak dapat diubah lagi dan finalisasi tidak dapat dibatalkan dengan cara apapun.
Untuk melakukan finalisasi, berika centang pada pernyataan ‘Saya setuju untuk finalisasi’ pada kota yang diberi warna merah, kemudian pilih finalisasi.

  1. Mengunduh Kartu Registrasi

Kartu yang diunduh adalah kartu registrasi untuk pendaftaran SNMPTN.
Kartu registrasi berada pada halaman yang sama dengan Finalisasi. Anda hanya bisa mengunduh kartu registrasi, jika sudah melakukan finalisasi.
Tahapan Mengunduh Kartu Registrasi merupakan penutup dari serangkaian pendaftaran yang harus dilakukan

Untuk Pengumuman hasil SNMPTN, rencananya akan diumumkan oleh LTMPT pada 22 Maret 2021, melalui laman LTMPT di https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id.(*)

To Top