Pojok Penulis

Prestasi Hebat Membangun Bolmong

Foto Pojok Penulis
Ali Kobandaha
Pemerintahan Kabupaten Bolaang Mongondow yang dipimpin Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh MM, sepanjang tahun 2018, terus melakukan gebrakan dalam bidang pembangunan daerah untuk kepentingan rakyat di 15 Kecamatan, 200 Desa dan 2 Kelurahan.
Visi dan Misi menuju Bolmong Hebat dengan berbagai program unggulan demi kesejahteraan rakyat, terus direalisasikan sejak keduanya dilantik dan diambil sumpah jabatan pada 22 Mei 2017 oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Pada Maret 2018, Wakil Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yanny Ronny Tuuk menghadiri penutupan kegiatan event tahunan Legislative SulutGo Expo ke-VI tahun 2018 yang dilaksanakan di Manado Town Square (Mantos 3), Sulawesi Utara. Kegiatan ini merupakan hal yang sangat positif dilaksanakan setiap tahun, sebagai sebuah program berkelanjutan, sekaligus sebagai wahana untuk mengetahui tugas pokok dan fungsi legislatif.

Untuk hubungan antara Pemda Bolmong dan pemerintah pusat, terus dirawat dan terjaga dengan baik. Pada awal April 2018, Yasti mendatangkan Menteri Desa PDT dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo untuk melakukan kunjungan kerja di Bolmong, sekaligus menyerap aspirasi daerah.

April 2018, Bupati Yasti mendapat penghargaan Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tahun 2018 atas Perusahan Air Minum Daerah (PDAM) yang diselenggarakan Majalah BusinissNews. Dari 2000 an BUMD yang diseleksi, PDAM Bolmong selaku BUMD masuk nominasi 200 BUMD terbaik se-Indonesia. Prestasi yang sangat luar biasa.

Bahkan, Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia melalui Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), mengundang langsung Bupati Yasti untuk melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Klungkung Provinsi Bali, Juni 2018.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari Kementerian Sekertariat Negara dan anggota Wantimpres Suharso Monoarfa, yang telah memberikan kesempatan untuk dapat bersama melakukan kunjungan kerja itu.

Bukan itu saja, Bupati Yasti dan Direktur Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir Wiratno MSc, meresmikan penangkaran Burung Maleo di Desa Tambun dan Muara Pusian Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), di Desa Pinonobatuan, Kecamatan Dumoga Timur.

Penghargaan Paramesti dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, juga diterima Bupati Yasti di The Alana Hotel & Convention Centre Daerah Istimewa Yogyakarta. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa Bupati Yasti adalah pemimpin hebat di daerah. Tidak berlebihan jika secara pribadi, saya mengatakan bahwa, gaya berpikir cerdas dan maju yang dimiliki Yasti, sama seperti cara berpikir cerdas seorang menteri negara. Semua dilakukan demi kepentingan dan kesejahteraan rakyat Bolmong.

Termasuk lokakarya pembangunan infrastruktur, melalui Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di Istana Wakil Presiden (Wapres), Agustus 2018, juga diikuti Bupati Yasti. Lokakarya ini dibuka Wapres Republik Indonesia, Jusuf Kalla.

Dihadiri Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Prof DR Sri Adiningsih, Direktur Asian Development Bank Institute (ADB) Prof Naoyuki Yoshino, perwakilan dari Komisi V DPR RI, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), PT Sarana Multi Infrastruktur, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko, Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Dirjen Perhubungan Laut.

Dalam rangka peringatan hari sumpah pemuda 28 Oktober 2018, pemkab melaksanakan launching jargon Cerdas Hebat Maju (CHM). Menurut Bupati Yasti, jargon ini untuk mendorong serta memberi motivasi kepada aparatur agar terus meningkatkan kinerja dalam menjawab tantangan dalam membangun daerah.
Aparatur harus cerdas secara intelektual, mengembangkan potensi serta sumber daya manusia, menciptakan kreatifitas inovatif serta berpikir maju. Sedangkan hebat, itu diwujudkan dalam meraih prestasi dan kinerja, terutama dalam hal pelayanan dan pengabdian pada masyarakat. Jargon Cerdas Hebat Maju (CHM), sebagai upaya pemkab kembali menggelorakan semangat kepemudaan. Saat launching, dihadiri Forkopimda, ribuan ASN, dan seluruh kepala perangkat daerah.
Sementara, Wakil Yanny Ronny Tuuk, dalam program kemasyarakatan, melepas ribuan peserta pada kegiatan Bolmong Trail Adventure 2018 yang digelar Pria Kaum Bapa (PKB) Gereja Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM), di Desa Uuwan Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolmong, Oktober 2018.

Kemudian, Yanny Tuuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Angkatan I Tahun 2018 dengan tema Melalui Pembekalan Kepemimpinan, Kita Tingkatkan Peran Strategis Penyelenggara Pemerintahan Daerah untuk Mewujudkan NAWA CITA

Akan halnya Bupati Yasti, demi memperjuangkan hasil seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada November 2018, Bupati menemui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Menpan dan RB), di Jakarta.

Pada akhir tahun, Yasti kembali menerima kado istimewa, yakni penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM), diserahkan langsung Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, di Jakarta. Tahun 2018, semua pengabdian hebat telah mereka (Yasti-Yanny) lakukan. (*)

To Top