Menu

Mode Gelap

Berita Bolmut

Ratusan Ekor Sapi Berhasil Dienseminasi Buatan


6 Apr 2017 12:44 WITA


 ilustrasi Perbesar

ilustrasi

ilustrasi
ilustrasi

BOLMUT- Target Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tahun ini, memproduksi ribuan ekor sapi melalui hasil Inseminasi Buatan (IB). Terget ini dalam rangka memenuhi kuota program nasional Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) tahun 2017.

Untuk memenuhi terget tersebut, Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebuanan Bolmut, melalui Bidang Peternakan, menyiapkan 3435 akseptor atau calon sapi produktif yang akan dilakukan inseminasi buatan dengan terget kebuntingan mencapai 1924 ekor.

“Saat ini tim kami sedang dilakukan pemeriksaan kebuntingan yang dilakukan oleh petugas inseminator terhadap sapi-sapi produktif di sejumlah desa yang ada di Kabupaten Bolmut,” ujar Kepala Seksi Kesehatan Hewan, Fudin Talibo, Kamis (6/4)

Menurutnya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pihaknya menyiapkan tiga jenis insiminasi buatan yakni bibit peranakan sapi ongole, semental, serta peranakan sapi bali. Ini dilakukan iseminasi buatan atau intensifimasi kawin alam terhadap sapi-sapi milik masyarakat perorangan, kelompok atau pengusaha peternakan.

“Sebelumnya kami telah melakukan sosialisasi kepada pemerintah desa untuk mendapatkan sapi-sapi produktif yang telah diseleksi, minimal sudah dua sampai tiga kali melahirkan. Persyaratan lain adalah sapi peliharaan berada dalam kawanan yang banyak, serta sapi calon IB juga wajib dikandangkan,” terangnya. (tr-2)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tindak Lanjuti Pengajuan Proposal Rehabilitasi Gelora Ambang, Pj. Walikota Kunjungi Kemenpora

21 Juni 2024 - 18:23 WITA

Asisten 1 Setda Kotamobagu Terima Kunker Kanwil Kemenkumham Sulut

20 Juni 2024 - 20:16 WITA

Pj. Walikota Lakukan Kunker ke RSI Jakarta, Ini yang Dibahas

20 Juni 2024 - 20:08 WITA

Lestarikan Tradisi Bekarang, Pemkab Muba Akan Gelar Festival Embung Senja

20 Juni 2024 - 17:09 WITA

Meiddy- Haris Menguat Diusung PDIP di Kotamobagu, Ini Penegasan DPP

20 Juni 2024 - 06:11 WITA

Sholat Ied Adha di Desa Momalia, Bupati Bolsel Ajak Masyarakat Bersyukur dan Pererat Kebersamaan

17 Juni 2024 - 19:22 WITA

Trending di Berita Bolsel