Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Rumah Adat Komalig Jadikan DPRD Jawara Legislatif Expo


2 Apr 2017 12:05 WITA


 Komalig Perbesar

Komalig

Komalig
Komalig

BOLMONG – Dewan perwakilan rakyat daerah Kabupaten Bolaang Mongondow, meraih juara umum pada pelaksanaan kegiatan Legislatif Expo Sulawesi Utara dan Gorontalo, di Manado.

Keberhasilan itu diraih setelah menjadikan Rumah Adat Komalig sebagai icon Dekab Bolmong 2017. “Alhamdulillah DPRD Bolmong dengan tema rumah adat Komalig, berhasil meraih juara 1 umum,” kata Jenli Mongilong, Kabag Risalah dan Persidangan, Sekertariat Dewan.

 Foto DPRD saat menerima hadiah sebagai juara umum

Foto DPRD saat menerima hadiah sebagai juara umum

Pelaksanaan kegiatan dimulai sejak 29-31 Maret 2017. “Ada beberapa hal juga yang kami ditonjolkan, seperti Perda tentang bangunan dan gedung. Dalam produk tersebut terdapat  Komalig yakni rumah adat para raja yang didalamnya ada kain khas Bolmong yaitu Sikayu,” jelasnya.

Rumah adat raja Bolmong yang dikenal dengan Komalig, bersama dengan kain tenun Sikayu, sengaja divisualisasikan kedalam bentuk stand di legislative ekspo. “Itu bertujuan untuk memperkenalkan Bolaang Mongondow yang sesungguhnya. Sengaja kami mengambil tema rumah dan kain adat  dalam kegiatan kali ini semata-mata untuk memvisualisasi kembali jati diri Mongondow dan bukti sejarah,” ujarnya.

Stand juga mensosialisasikan funsi Dewan seperti, fungsi penganggaran, pembentukan perda, pengawasan serta program-program pembentukan perda yang sedang dan akan dibahas.

Sekretaris DPRD, Hi Yahya Fasa juga menyampaikan, selain menampilkan Rumah dan kain adat, budaya tarian kabela tak ketinggalan, termasuk mengikuti berbagai perlombaan. “Selain memvisualisasikan produk budaya daerah Bolmong juga menampilkan potensi legislator,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD, Welty Komaling SE sebagai pimpinan rombongan, mengungkapkan rasa syukur yang tak terhingga kepada Tuhan Yang Maha Esa, Pimpinan DPRD, Sekretariat dan panitia. “Akhirnya, kerja keras, kerja tim yang solid dan hebat telah membuahkan hasil. DPRD bisa meraih Juara Umum. Puji Tuhan, saya atas nama pribadi dan sebagai pimpinan Dekab, merasa bangga mempunyai tim yang hebat,” pungkasnya. (ahr)

 

Komentari
Artikel ini telah dibaca 104 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pj. Walikota Kotamobagu Sebut Sampaikan Pemkot Dukung Peningkatan Kualitas UMKM

13 Juni 2024 - 21:19 WITA

Tekan Angka Stunting, Dinas PP-KB Kotamobagu Gelar Kegiatan Mini Lokakarya

13 Juni 2024 - 20:24 WITA

Sukseskan Pilkada 2024, KPU Bolmong Gelar Media Gathering Bersama Pewarta

13 Juni 2024 - 17:47 WITA

Meiddy Makalalag- Abdul Haris Mongilong Dinilai Pasangan Ideal Diusung PDIP Kotamobagu

13 Juni 2024 - 10:48 WITA

Lima Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Kota Sekayu

12 Juni 2024 - 12:56 WITA

Bupati Iskandar Hadiri Paripurna, DPRD Bolsel Terima Pertanggungjawaban APBD 2023

11 Juni 2024 - 20:06 WITA

Trending di Berita Bolsel