Berita Bolmong

Tahlis: Dandes Jangan Digunakan Untuk Mengatasi Kewenangan Kabupaten

Tahlis: Dandes Jangan Digunakan Untuk Mengatasi Kewenangan Kabupaten
Sekda Bolmong Tahlis Gallang memberikan arahan di Musrenbang tingkat kecamatan di Passi Barat.
Kroniktotabuan.com
57 / 100

BOLMONG– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahlis Galang, memperingatkan  seluruh kepala desa (sangadi) agar jangan tidak menyalahi dan menyalahgunakan Dana Desa (Dandes) untuk mengatasi kewenangan kabuapaten.

Tahlis menjelaskan, Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dandes harus mengakomodir segala kegiatan di desa itu sendiri. Sangadi diminta tidak mengambil alih prioritas yang sudah menjadi kewenangan kabupaten, karena ia mengakui Pemkab Bolmong sedang gencar memperbaiki aset daerah.

“Kalau kewenangan kabupaten didanai dengan Dandes akan rugi. Dandes betul-betul diperuntukan untuk menghandle kewenangan desa. Contohnya, membangun gedung sekolah TK, Paud, Pustu, dan sebagainya menggunakan ADD, masalah selanjutnya yang akan muncul ketika pembangunan selesai, siapa petugas yang akan bertugas di tempat tersebut? Sementara Pemkab ketika membangun sudah mempertimbangkan mulai dari aspek pemanfaatan melalui kajian teknis,” ujar Tahlis menjelaskan kepada peserta Musrenbang tingkat kecamatan di Desa Otam, Kecamatan Passi Barat, Kamis (30/1/2020).

Ia pun berharap Pemerintah Desa (Pemdes) agar menggunakan Dandes harus sebagimana mestinya dan jangan digunakan untuk membangun kegiatan-kegiatan yang sudah menjadi kewenangan kabupaten.

“Kalau memang menginginkan kegiatan seperti itu maka usulkan saja di Musrenbang, biarlah itu menjadi tanggungjawab kabupaten. Jadi, Dandes harus digunakan untuk membangun kewenangan dan tanggungjawab masyarakat desa, jangan ambil alih kewenangan kabupaten, karena bakal rugi,” pungkasnya. (len)

To Top