Berita Bolmong

Terkait WPR, Yasti Sudah Dua Kali Temui Dirjen Minerba

Terkait WPR, Yasti Sudah Dua Kali Temui Dirjen Minerba

KRONIK TOTABUAN – Di depan masyarakat Desa Bakan, Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow mengaku telah mengusulkan beberapa lokasi di Kecamatan Lolayan untuk dijadikan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) ke Kementerian ESDM.

Baca Juga: Bupati Yasti Resmikan Kantor Desa dan Sekretariat Pemuda Desa Bakan Program CSR PT. JRBM

“Berbagai upaya telah kami lakukan, sudah tiga kali kami melayangkan surat usulan beberapa lokasi ke Kementerian ESDM untuk dijadikan WPR semenjak saya jadi bupati. Ini kewenangan Kementerian ESDM, kalaupun ini kewenangan saya, sudah lama saya tandatangani agar semua masyarakat kita bisa melakukan aktivitas pertambangan secara legal,” beber Yasti usai meresmikan kantor desa dan sekretariat karang taruna di Desa Bakan, Sabtu (9/10/2021).

Kendati begitu, ia mengatakan pihaknya akan terus berupaya dan mendorong beberapa usulan tersebut untuk dijadikan WPR.


“Ini memang kewenangan pemerintah pusat, tapi kami terus mendorong, bahkan saya sudah dua kali bertemu dengan Dirjen Minerba untuk meminta agar surat kami dijawab dengan segera,” terang Yasti.

Pada kesempatan itu, ia juga menghimbau kepada masyarakat agar dalam melakukan aktivitas tambang jangan melakukan pertambangan di wilayah PT. JRBM karena memiliki izin jelas.

“Kita cari tempat lain, karena ada beberapa lokasi yang masuk areal pertambangan JRBM sudah diciutkan dan itu diberikan kepada masyarakat, hanya saja masyarakat kita juga yang memberikan kesempatan kepada orang luar melakukan aktivitas penambangan di sini. Jadi para cukong-cukong yang sejahtera. Kuncinya coba duduk bersama dan tentukan siapa saja yang bisa melakukan penambangan di sini agar wilayah tambang ini bisa berguna baik untuk masyarakat lingkar tambang, setidaknya bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari,” jelas Yasti. (falen) 

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

To Top