Berita Daerah

Walikota Kotamobagu Resmi Luncurkan UMKM Center

Foto Berita Daerah

KRONIK TOTABUAN – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kotamobagu bakal memiliki wadah yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi khususnya pelaku usaha kecil.

Inovasi yang diberi nama UMKM Center ini dicetuskan oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Kotamobagu, Sitti Rafiqa Bora.

Baca Juga: Walikota Kotamobagu Ikuti Kegiatan Rakorwasdanas 2021

Rafiqa mengatakan bahwa dengan kehadiran UMKM center ini, nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mengurangi angka pengangguran.

Karena meningkatnya kualitas dan kuantitas UMKM, otomatis tenaga kerja banyak terekrut, sehingga bisa mengurangi angka kemiskinan di Kotamobagu dan terutama untuk pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.


Dirinya menjelaskan bahwa nantinya UMKM Center sebagai database seluruh UMKM di Kotamobagu, sehingga dalam penyaluran bantuan baik dari pihak pemerintah maupun dari luar pemerintah akan mengambil data yang terdaftar di UMKM Center.

“Karena datanya sudah ada semua di data center. Ini dapat memudahkan pihak perbankan untuk memberikan bantuan. Baik untuk pelatihan atau pun modal usaha, karena sudah tersedia klasifikasi dari UMKM Center itu sendiri,” jelasnya.

Diketahui ada sekitar UMKM yang ada di Kotamobagu, dari data tersebut lebih dari 3.000 UMKM yang sudah tersentuh atau mendapat intervensi bantuan dari pemerintah. Sementara sisanya ini yang belum sempat tersentuh dia masuk klasifikasi A, B atau C.

Sehingga memudahkan dari perbankan yang alhamdulilah mendukung kami untuk bagaimana terbentuknya UMKM Center. Dengan adanya payung hukum seperti ini juga, memudahkan perbankan untuk memberi permodalan untuk UMKM kita,” jelasnya.

UMKM Center ini resmi diluncurkan oleh Wali kota Kotamobagu, Tatong Bara, Rabu (1/9/2021), bertempat di Aula Rumah Dinas Walikota Kotamobagu. (Bto)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top