Berita Bolmong

360 Ton Target Produksi Gabah Kering di Bolmong

360 Ton Target Produksi Gabah Kering di Bolmong
Petani di Bolmong. (dok)

BOLMONG – Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menargetkan produksi gabah kering naik dari 340 ton di tahun 2020 menjadi 360 ton di tahun 2021.

Meski masih pandemi Covid-19 tetapi target yang dipasang itu disebut masih normal dan bisa direalisasikan.

Selain produksi sawah dari petani, target capaian tersebut juga terbantukan dengan cetak sawah baru seluas 40 ribu hektar yang dilakukan oleh Pemkab Bolmong.

“Kami optimis bisa capai, lagian ini juga merupakan komitmen untuk mensukseskan visi misi Bupati dan Wakil Bupati  Bolmongsaat ini,” ujar Kepala Dinas  Pertanian Bolmong Remon Ratu, Senin (15/3/2021).

Baca Juga: Pengurus AMSI Sulut Periode 2021-2024 Dilantik, Berikut Komposisi Lengkapnya

Sebelumnya Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow juga mengatakan, saat ini pemkab tengah berinovasi terkait intensifikasi pertanian khususnya lahan padi untuk peningkatan produktifitas.

“Intensifikasi pertanian perlu dilakukan, karena jika jumlah penduduk bertambah maka secara otomatis kebutuhan lahan pasti berkurang,” kata Yasti.

“Selain itu kita juga harus mencari bibit yang baik, kebetulan Unsrat sudah mendapatkan itu namanya bibit Sulutan, dimana jika ditanam dalam 1 hektar sawah bisa menghasilkan 8 ton gabah, ini inovasi yang dilakukan Pemkab Bolmong yang bekerjasama dengan Unsrat. Jika itu terpenuhi berarti ada penambahan produktifitas tanpa menambah luas lahan,” tandasnya. (len)

To Top