Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

4 Desa di Kotamobagu Sudah Hasilkan PADes Lewat BUMDes


19 Mar 2018 11:23 WITA


 Pengrajin Sapu Ijuk Perbesar

Pengrajin Sapu Ijuk

Pengrajin Sapu Ijuk
Produksi sapu ijuk yang bisa dipasarkan lewat BUMDes

KOTAMOBAGU– Penerapan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di setiap desa berpengaruh pada pembangunan serta mendorong perekonomian masyarakat di desa tersebut.

Di Kotamobagu, 15 desa sudah memiliki BUMDes. Meski demikian, tidak semua desa yang sudah berhasil mendapatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dari hasil BUMDes itu.

“Ada empat desa yang sudah menyetorkan PADes mereka ke pemerintah desa. Di antaranya Desa Bilalang I, Bilalang II, Kobo Kecil, dan Poyowa Besar I,” ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Muliadi Mondo, Senin (19/3/2018).

Dengan adanya BUMDes tersebut, kata Muliadi, sangat penting dalam pengembangan usaha masyarakat hingga mampu memberdayakan setiap potensi Sumber Daya Manusia (SDM).

“Untuk membangun BUMDes ini anggarannya lewat dana desa, namun penyertaannya juga bisa lewat Alokasi Dana Desa (ADD). Jadi sudah sangat baik sebab semua desa sudah ada BUMDes. Tinggal bagaimana caranya untuk mengelola hingga bisa mengasilkan PADes bagi kemakmuran desa dan masyarakatnya,” jelasnya.

Sementara itu, fungsi pengawasan terhadap pengelolaan BUMDes sangat penting mengingat pemanfaatannya masih kerap disalahgunakan.

“Ada yang pengadaan BUMDes seperti tempat foto copy, sewa kanopi, kursi, peralatan pesta lainnya hingga usaha kuliner yang memanfaatkan hasil olahan atau produksi petani lokal,” ujarnya.

“Masalah pengawasan di PMD ada yang membidangi itu. Pengelolaannya bisa dimonitor juga oleh tenaga ahli pendamping untuk proses proses pengawasan dana desa,” tambahnya. (rza)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tiga Periode di DPRD Saatnya Meiddy Makalalag Maju Calon Walikota Kotamobagu

7 April 2024 - 10:51 WITA

Bersama Forkopimda, Pj Walikota Kotamobagu Tinjau Kegiatan Monuntul

7 April 2024 - 09:30 WITA

BRI Kanca Kotamobagu Salurkan Bingkisan Kepada Pekerja Dasar dan Purnatugas BRI

3 April 2024 - 22:34 WITA

Pj Walikota Buka Musrenbang Penyusunan RKPD Kotamobagu Tahun 2025 dan RPJPD 2025-2045

3 April 2024 - 19:08 WITA

Bersama Forkopimda, Pj Walikota Kotamobagu Tinjau Pasar Senggol di Kelurahan Gogagoman

3 April 2024 - 19:00 WITA

Ini Besaran Target PAD Pemkot Kotamobagu Tahun 2024

2 April 2024 - 21:22 WITA

Trending di Berita Daerah