Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

45 Anggota Panwascam Kabupaten Bolmong Dilantik, Radikal: Jaga Integritas dan Independensi


25 Mei 2024 19:31 WITA


 45 Anggota Panwascam Kabupaten Bolmong Dilantik, Radikal: Jaga Integritas dan Independensi Perbesar

KRONIK TOTABUAN, Bolmong – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah janji kepada Panwaslu Kecamatan se-Bolmong, di Sutan Raja Hotel, Kotamobagu, sabtu (25/5/2024).

Ketua Bawaslu Bolmong, Radikal Mokodompit, SE, melantik sekaligus mengambil sumpah janji kepada sebanyak anggota 45 Panwascam tersebut.

Kegiatan ini pula turut dihadiri oleh, Ketua KPU Bolmong Afif Zuhri, Kapolres Bolmong AKBP Ariyanto Salkery, SH,. MH, Kepala Badan Kesbangpol Bolmong Chris Kamasaan, serta para Komisioner KPU dan Bawaslu Bolmong.

Radikal Mokodompit usai melantik dalam penyampaiannya mengatakan, dari 45 anggota Panwas yang dilantik, 23 hasil existing dan 22 anggota lainnya adalah hasil seleksi.

Menurut Radikal, Panwascam merupakan garda terdepan dalam mengawal suksesnya Pilkada serentak tahun 2024.

“Saya yakin dan optimis bahwa saudara-saudari yang baru saja dilantik hari ini adalah orang Bolmong pilihan yang terbaik dari masing masing kecamatan dan mampu mengawal jalannya pesta demokrasi pada November 2024 mendatang,” kata Radikal.

Kepada Panwascam dirinya berharap agar menjaga integritas dan independensi serta meningkatkan koordinasi dan membantu Bawaslu untuk mengawal mensukseskan jalannya Pilkada Pilkada tahun 2024.

“Hari ini para Panwas akan diberikan pembekalan agar langsung action mengawasi setiap tahapan Pilkada, bekerja sesuai regulasi dan fokus terhadap pengawasan, dan bilamana ditemukan pelanggaran akan segera di proses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Radikal

Dia juga mengingatkan para anggota Panwaslu tentang tantangan yang akan mereka hadapi selama masa pemilu. Ia menekankan pentingnya kerja sama dan koordinasi yang baik antara Panwaslu, KPU, serta instansi terkait lainnya.

“Sinergi yang baik antara semua pihak akan sangat membantu dalam menciptakan pemilu yang tertib dan teratur,” tambahnya.

Dirinya akhir penyampaiannya dia berpesan agar Panwascam perlu menerapkan kerja tulus, fokus, cerdas, kerja keras, serta kerjasama dalam meningkatkan pengawasan.

Sementara, mewakili Pj Bupati Bolmong, Kaban Kesbangpol Bolmong, Chris Kamasaan dalam kesempatannya berharap agar Panwas yang baru dilantik dapat berkontribusi positif dalam menciptakan pemilu yang Luberjurdil dan demokratis di Kabupaten Bolmong.

Kata Chris Kamasaan, peran Panwaslu tidak hanya sebatas mengawasi pelaksanaan pemilu, tetapi juga berperan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi.

“Tugas Panwaslu bukan hanya mengawasi, tetapi juga mengedukasi masyarakat agar lebih memahami hak dan kewajibannya dalam pemilu,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, anggota Bawaslu Provinsi Sulut, Zulkifli Densi mengimbau perlunya memperkuat esensi kolektif kolegial dalam kelembagaan Bawaslu sesuai yang diamanatkan peraturan perundang-undangan dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2024.

“Untuk suksesi Pilkada serentak, seluruh jajaran Bawaslu mulai dari tingkat atas hingga kebawah ini, wajib memperkuat sistem kelembagaan internal yang lebih solid,” pungkas Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Sulut.(*)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 123 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pantau Stok Harga Pangan Jelang Idul Adha, TPID Bolmong Lakukan Sidak

14 Juni 2024 - 14:16 WITA

Sukseskan Pilkada 2024, KPU Bolmong Gelar Media Gathering Bersama Pewarta

13 Juni 2024 - 17:47 WITA

DPRD Bolmong Gelar Paripurna Tingkat I Penyampaian Ranperda Insiatif dan Usulan Eksekutif

11 Juni 2024 - 21:35 WITA

Jusnan Mokoginta Hadiri Kegiatan Moderasi Beragama FKUB Bolmong

11 Juni 2024 - 14:28 WITA

BREAKING NEWS! Mantan Bupati Bolmong, Salihi Mokodongan Tutup Usia

9 Juni 2024 - 16:21 WITA

Jusnan: Setiap Jumat Pagi, OPD Wajib Lakukan Giat Keagamaan Sebelum Beraktifitas

7 Juni 2024 - 14:19 WITA

Trending di Berita Bolmong