Berita Bolmong

DPMD Sulut Apresiasi Dua BUMDes di Passi Barat

DPMD Sulut Apresiasi Dua BUMDes di Passi Barat

BOLMONG – Pemerintah Kecamatan Passi Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (30/3/2021).

Kunker tersebut dalam rangka identifikasi Badan Usah Miliik Desa (BUMDes) di wilayah Kecamatan Passi Barat, yakni Bumdes Mobondu Desa Bintau dan Bumdes Mokikit, Desa Otam.

Kepala Seksi Perdagangan dan Permodalan Ekonomi Desa, DPMD Sulut Vellyx Lumintang, mengapresiasi pengelolaan Bumdes Desa Bintau, karena menurutnya kreatifitas pengelolaan BUMDes dapat menjawab peluang pasar yakni bergerak di pencetakan baliho, kaos, stiker serta berbagai inovasi lainnya.

“Saya salut dengan pengelolaan BUMDes-nya. Ke depan DPMD Sulut akan mengundang BUMDes dalam pengelolaan terbaik untuk mengikuti giat di Provinsi Sulawesi Utara,” terang Vellyx Lumintang.

Baca Juga: 10 Pemain Passi Barat Lolos Seleksi Persibom untuk Porprov 2021

Camat Passi Barat Marief Mokodompit menyampaikan banyak terima kasih kepada perwakilan DPMD Sulut yang turun langsung mengidentifikasi bumdes yang ada di wilayah Passi Barat.

“Dengan adanya Kunker ini berharap lebih memotivasi desa untuk terus kreatif dalam berinovasi pada proses pengembangan usahanya, tidak hanya terfokus pada dana bergulir saja (simpan pinjam). Saatnya pola pikir diubah bagaimana pengembangan usaha berbasis desa,” ungkap Marief.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Bina Usaha Ekonomi Desa DPMD Bolmong, Maulana Bayu Moha mengungkapkan, pihaknya akan terus melakukan monitoring dan evaluasi keberadaan Bumdes di 200 Desa.

Dirinya mendorong peningkatan usaha- usaha desa melalui intervensi dana desa (DD) penyertaan modal, sehingga mampu mendorong perputaran perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa.

Dalam kunjungan tersebut juga didampingi Tenaga Ahli Kabupaten Bolmong, Pendamping Desa (PD)  Kecamatan, Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Passi Barat. (len)

To Top