Kroniktotabuan.com
Ilustrasi

Ilustrasi

BOLMONG– Sebanyak 17 orang tenaga CS (Cleaning Service) di Kantor Sekertariat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow, hanya digaji Rp1 juta per bulan. Padahal, mereka bekerja sejak pukul 05.00 Wita sampai pukul 16.00 Wita, setelah ASN (Aparatur Sipil Negara) selesai melaksanakan apel sore, sejak Senin sampai Jumat.

“Masuk jam 5 dini hari kemudian selesai sampai jam 4 sore. Jam 9 dan jam 12 kami istrirahat,” kata salah satu CS yang sempat bersua dengan wartawan.

Sumber resmi media ini meyebutkan, anggaran untuk pemeliharaan khusus kebersihan sehari-hari di kantor Sekertariat Daerah, dalam setahun mencapai Rp400 juta. Sedangkan untuk pembayaran honor 17 orang CS dalam setahun, hanya Rp204 juta.

Ketua KPMIBM (Keluarga Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow), Febri Bambuena, meminta agar pemkab dapat memperhatikan kenaikan gaji 17 CS tersebut. “Gaji mereka harus setara UMP. Apalagi mereka bekerja mulai pukul 05.00 dini hari,” kata Febri.

Kepala Bagian Umum Kantor Setda, Mansur Paputungan mengatakan, untuk pembayaran gaji CS, kewenangan pigak ketiga yang mengelolah. “Itu sudah diserahkan pengelolaanya kepada pihak ketiga. Mereka mulai masuk Januari, ada juga yang masuk Maret serta April. Penggajian disesuaikan dengan masa kerja,” jelas Mansur.

Selain gaji kata Mansur, tenaga CS juga diberikan insentif dan ditanggung asuransi kecelakaan kerja. “Mereka ada asuransi kerja, insentif perusahaan. Kami di bagian umum hanya mengurus kontrak kerja dengan pihak ketiga. Soal gaji itu sudah ranah pihak ketiga. Kalau sudah 2 tahun kemudian gaji belum UMP pasti kami ditegur Dinas Tenaga Kerja,” pungkasnya. (ahr)

To Top