Pelatihan Perangkat Desa Boltim Diapresiasi DPRD

KRONIK TOTABUAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengapresiasi Pelaksanaan pelatihan perangkat desa yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim beberapa waktu lalu.

Kegiatan yan berlangsung di Hotel Mercure Manado Tateli Resort, selama 3 hari 4 – 6 Agustus 2022, menghadirkan peserta merupakan perwakilan perangkat desa se- KabupatenBoltim.

“Tentunya ini perlu di apresiasi. Selama ini yang mendapat pelatihan di luar daerah hanya Sangadi dan Sekdes, namun pelatihan kali ini, DPMD Boltim menghadirkan peserta merupakan perangkat desa mulai dari Kepala Urusan (Kaur) dan Kepala Seksi (Kasi) pelayanan serta perangkat lainnya,” ungkap perwakilan Komisi 1 DPRD Boltim, Samsudin Dama.

Lebih lanjut, Samsudin mengatakan, hasil dari monitoring DPRD Boltim, ini merupakan pelatihan perangkat desa yang paling terbaik.

“Kenapa saya katakan yang terbaik ?. Karena pelatihan perangkat desa ini, tidak mengeluarkan biaya yang cukup besar, berbeda dengan pelatihan – pelatihan sebelumnya. Namun, walaupun anggaran sedikit tapi pelatihan ini berjalan dengan baik dan tak ada keluhan dari peserta,” tutur Samsudin.

Samsudin menambahkan, kedepan DPMD Boltim harus memberikan juga pelatihan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan dibiayai APBD.

“DPRD siap mengawal anggaran untuk pelatihan BPD. Ini penting agar BPD yang ada di desa-desa dapat berkualitas serta memahami tupoksinya,” tutup Samsudin.

Sebelumnya, Bupati Sam Sachrul Mamonto mengatakan, pelatihan untuk perangkat desa wajib dilakukan untuk penguatan dalam menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi).

“Pelatihan perangkat desa sangat perlu untuk dilakukan, agar mereka betul-betul paham akan tupoksinya masing-masing,” ungkap Sachrul.

Mantan Ketua DPRD Boltim ini mengatakan, pelatihan seperti ini dapat menambah pengetahuan perangkat desa untuk pembangunan di desa.

“Pelatihan ini sangat bagus untuk mengasah kemampuan kita. Saya berharap, kegiatan pelatihan atau bimtek perangkat desa dapat sering dilaksanakan,” tuturnya.

“Jika perangkat desa di boltim pintar semua, maka saya sebagai bupati bangga karena berhasil membimbing kalian,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Boltim, Hendra Tangel, kepada sejumlah wartawan mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Bupati Boltim dan Pimpinan serta Anggota DPRD Boltim yang sudah meluangkan waktu hadir dalam pelatihan perangkat desa tersebut.

“Ini pertama kali di Boltim, dimana perangkat desa mendapatkan materi langsung dari Bupati Boltim dengan durasi waktu yang cukup panjang. Tentunya ini suatu kebanggaan,” ujar Tangel. (Retho Bambuena)

Berita Terpopuler