Menu

Mode Gelap

Berita Nasional

Presiden Jokowi Apresiasi Kualitas Kemasan Produk UMKM di Sumatera Utara


7 Feb 2024 19:45 WITA


 Presiden Jokowi Apresiasi Kualitas Kemasan Produk UMKM di Sumatera Utara Perbesar

KRONIK TOTABUAN, Medan – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memberikan apresiasi kepada produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) karena memiliki kemasan yang berkualitas. Menurutnya, produk semacam itu layak dijadikan contoh karena dapat dipasarkan secara luas.

Apresiasi ini disampaikan Presiden Joko Widodo dalam acara silaturahmi dengan ribuan peserta program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar) yang dikelola oleh Permodalan Nasional Madani (PNM). Pada kesempatan tersebut, Presiden menunjukkan beberapa produk unggulan Sumut, seperti keripik tempe merk Bilqis dan susu kambing, yang dikemas dengan baik.

“Saya senang dengan kemasan produk-produk dari Sumut yang sudah bagus-bagus. Seperti ini, keripik tempe merk Bilqis, keripik jahe, susu kambing. Kemasannya bagus dan bisa dijual di mana saja,” ucap Joko Widodo di hadapan peserta, yang sebagian besar adalah perempuan.

Presiden menekankan bahwa produk dengan kemasan yang baik akan mudah terjual asalkan harganya bersaing. Namun, menurutnya, semangat, kerja keras, dan disiplin juga merupakan modal utama dalam berwirausaha.

“Dalam berwirausaha, semangat adalah modal utama. Saya ingat ketika saya memulai usaha pada tahun 1988, saya hanya berjualan di Kota Solo. Tahun kedua, saya sudah bisa berjualan ke Jakarta, dan tahun ketiga, sudah bisa ekspor. Itu karena kerja keras,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga berdialog dengan beberapa pelaku UMKM, menanyakan jenis usaha dan pendapatan yang mereka dapatkan setiap hari. Dia mendorong mereka untuk mengelola keuntungan dengan bijak, termasuk menyisihkan sebagian untuk modal usaha.

Menyambut antusiasme para pelaku UMKM, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menyatakan kebahagiannya melihat perkembangan UMKM di Sumut.

“Pemerintah Provinsi Sumut terus berupaya meningkatkan kualitas UMKM, termasuk melalui pelatihan kemasan produk. Kami berterima kasih atas apresiasi dari Presiden RI terhadap produk UMKM Sumut yang berkualitas,” ujar Hassanudin.

Acara ini juga dihadiri oleh Pj Bupati Batubara, Nizhamul, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Direktur PNM Arief Mulyadi, serta para pelaku UMKM binaan PNM. Presiden Joko Widodo juga memberikan bantuan dan sepeda kepada dua pelaku UMKM yang hadir. (Mukhtar Habib)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Jokowi Datang Pengamanan di Palembang Super Ketat

2 Maret 2024 - 22:10 WITA

Terjadi di Palembang, Pelaku Tabrak Lari Dibekuk Polisi Lalu Lintas saat Pengamanan VVIP

2 Maret 2024 - 22:05 WITA

Ketua Tim Was Ops Itwasum Polri Apresiasi Polda Sumsel Terkait Operasi Mantab Brata Musi 2024

29 Februari 2024 - 23:19 WITA

Pertemuan Rutin DWP Sekretariat Daerah Dengan Momentum Isra Miraj

29 Februari 2024 - 23:14 WITA

Sekda Buka Forum Perangkat Daerah Deli Serdang Tahun 2024

27 Februari 2024 - 14:05 WITA

Berikut Daftar 32 Pemain untuk Seleksi Tim U-16 Gelombang Kedua yang Dipanggil Nova Arianto

23 Februari 2024 - 13:54 WITA

Trending di Berita Nasional