Berita Bolmong

Program Langit Biru Pertamina Disambut Baik Pemkab Bolmong

Foto Berita Bolmong
Ramlah Mokodongan

KRONIK TOTABUAN – Program Langit Biru (PLB) oleh PT. Pertamina (Persero) disambut baik Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong).

Kepala Dinas Perdagangan dan ESDM Bolmong, Ramlah Mokodongan, mengungkapkan program itu telah dimulai di beberapa daerah sejak tahun 2020.


“PLB ini mulai mendapatkan tanggapan baik dari seluruh daerah dan kini akan diperluas hingga ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) termasuk didalamnya Kabupaten Bolmong,” ujar Ramlah, Selasa (22/6/2021).

Ia mengajak agar masyarakat berkontribusi langsung mengurangi dampak emisi gas buang kendaraan bermotor terhadap kesehatan lingkungan.

Baca Juga: Lelang Jabatan di Bolmong Masuk Tahap Assesment

“Selain itu, juga mendorong agar masyarakat menggunakan BBM dengan angka RON 90 yang sesuai dengan spesifikasi mesin moderen ketimbang BBM dengan angka RON 88 dengan kandungan sulfur yg tinggi,” kata Ramlah.

Menurutnya, peran tersebut sebagai bagian dukungan untuk udara dan lingkungan di Bolmong yang bersih sehingga terciptanya udara dan langit yang bersih.

“PLB merupakan salah satu program Nasional yang harus menjadi tanggungjawab dalam melaksanakannya,” jelasnya.

Sekadar diketahui, PLB terus dilakukan di beberapa wilayah di Indonesia. PLB merupakan program edukasi yg dilaksanakan Pertamina sebagai percepatan implementasi peraturan Menteri Lingkungan Hidup dalam upaya pengendalian mutu emisi gas buang kendaraan bermotor sebagai akibat menggunakan bahan bakar dengan Research Octane Numer (RON) rendah, yang memiliki kandungan sulfur tinggi dan tidak sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan modern.(len)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

To Top