Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Relawan Desa Ujung Tombak Penanggulangan Bencana


18 Nov 2016 01:00 WITA


 Channy Wajong Perbesar

Channy Wajong

Channy Wajong
Channy Wajong

 

LOLAK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow, terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara penanganan kejadian bencana.
 
Bahkan, melakukan sosialisasi kepada relawan desa untuk peningkatan kapasitas dalam penanggulangan bencana, seperti yang dilaksanakan di AULA Kantor BP4K, Lolak.
 
Asisten Administrasi dan Pembangunan, Dra Hj Ulfa Paputungan, mewakili Sekertaris Daerah (Sekda) Drs Ashari Sugeha, membuka kegiatan tersebut. “Atas nama pemda bolmong, saya menghimbau kepada masyarakat melalui para relawan desa untuk selalu meningkatkan kewaspadaan bila terjadi bencana,” kata Ulfa.
 
Menurut Ulfa, sebagai relawan yang bertanggung jawab terhadap kejadian bencana di Desa, diharapan untuk selalu berkoordinasi dengan pihak Pemda melalui BPBD.
 
Narasumber dalam kegiatan ini adalah instansi terkait, seperti Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan serta Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD dengan peserta Relawan dari Desa Pangi Timur, Desa Pangi, Desa Pasir Putih, Desa Domisil Moonow dan Desa Batu Merah.

Kepala Pelaksana BPBD Ir Channy Wayong, ME dalam sambutannya mengingatkan para relawan desa tentang tugas dan fungsi sebagai ujung tombak di desa dalam penanggulangan bencana. “Diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya peran serta masyarakat dalam pencegahan atau pun penanganan awal bencana sebelum datangnya bantuan atau pun penanganan dari instansi pemerintah maupun swasta,” ujar Channy.
 
Selain itu, kegiatan ini bertujuan meningkatkan peran serta masyarakat dalam penanganan bencana dan memberikan pemahaman tentang cara menghadapi bencana.(ahr)
Komentari
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Musrenbang Tuntas, Infrastruktur Dominasi Usulan 12 Desa di Kecamatan Dumoga Barat

25 Januari 2023 - 12:02 WITA

Triwulan Dua Dana Banpol Bolmong 2023 Cair, PDI Perjuangan Terbesar

24 Januari 2023 - 14:20 WITA

Presiden Targetkan Bendungan Lolak Selesai Maret atau April 2023, Jokowi Pasti ke Bolaang Mongondow

20 Januari 2023 - 13:18 WITA

Hampir 2 Tahun Cabuli Anak di Bawah Umur, Kepala Panti Asuhan di Lolak Ditahan Polda Sulut

19 Januari 2023 - 14:30 WITA

Bupati Bolmong Segera Lantik 32 Pejabat Eselon II, Ini Bocoran Jadwalnya

17 Januari 2023 - 13:15 WITA

Warga Apresiasi Peningkatan Jalan di 2 Dusun Desa Toruakat Tuntas Ditangan Bupati Limi

12 Januari 2023 - 19:38 WITA

Trending di Berita Bolmong