Menu

Mode Gelap

Berita Nasional

Soal Isu Jokowi 3 Periode, Megawati: Orang Yang Ngomong Itu Yang Kepengin Sebetulnya


24 Mar 2021 20:35 WITA


 Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politiknya dalam peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Jakarta, Jumat (10/1/2020). Rakernas I partai berlambang kepala banteng dengan moncong putih pada tahun 2020 tersebut bertemakan Perbesar

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politiknya dalam peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Jakarta, Jumat (10/1/2020). Rakernas I partai berlambang kepala banteng dengan moncong putih pada tahun 2020 tersebut bertemakan "Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional". ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. *** Local Caption ***

JAKARTA – Terkait tuduhan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hendak mengusulkan perpanjangan masa jabatan presiden jadi 3 periode, Ketua Umum PDIP, Megawati angkat bicara.

Megawati justru mengatakan bahwa pihak yang berbicara hal tersebutlah yang menginginkan hal tersebut.

“Hari-hari ini Pak Jokowi dikocok berkeinginan untuk 3 periode, orang yang ngomong itu yang kepengin sebetulnya karena biasanya siapa tahu dianya bisa jadi itu ingin 3 periode,” kata Megawati saat peluncuran buku ‘Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam’, Rabu (24/3/2021).

Baca Juga: Soal Isu 3 Periode Yang Dilontarkan Amin Rais, Jokowi: UUD 1945 Sudah Mengatur Presiden 2 Periode

Dirinya mengatakan bahwa tudingan itu tak berdasar. Sebab, masa jabatan presiden sudah diatur di dalam konstitusi maupun undang-undang. Menurutnya, presiden itu tak bisa begitu saja mengubah isi UUD 1945.

“Memangnya presiden yang bisa mengubah keputusan secara konstitusi?, Kan tidak,” kata Megawati.

Megawati juga meminta kadernya yang duduk di eksekutif dan legislatif tak menyia-nyiakan waktu selama menjabat. Dia meminta kader tersebut bekerja untuk rakyat bukan karena kekuasaan.

“Kalian saya minta itu supaya aktif. Seperti Hendy (Wali Kota Semarang, red). Kalau mau jadi wali kota, mau apa kamu? Mau cari kekayaan, kekuasaan, ketenaran? Berhentilah. Paling dua periode selesai, tak ada lagi bisa lebih dari dua periode,” ujar Megawati.

“Tugas kalian utama sebagai kader partai adalah memperjuangkan nasib rakyat,” lanjutnya.

Acara peluncuran buku ini digelar virtual. Hadir dalam acara Sekjen Hasto Kristiyanto serta Ketua DPP PDIP I Made Urip dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.(tim)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Sekda Buka Forum Perangkat Daerah Deli Serdang Tahun 2024

27 Februari 2024 - 14:05 WITA

Berikut Daftar 32 Pemain untuk Seleksi Tim U-16 Gelombang Kedua yang Dipanggil Nova Arianto

23 Februari 2024 - 13:54 WITA

Kompak! 17 Ketua Tim Penggerak PKK Se-Sumsel Sambut Kedatangan Kunker Ketua Umum PKK Tri Tito Karnavian

21 Februari 2024 - 22:20 WITA

Miliki 80 Paket Sabu, Tersangka H Diamankan Satresnarkoba Polres Muba

21 Februari 2024 - 22:14 WITA

200 Anggota Polres Amankan Demonstrasi di Kantor KPU Muba

21 Februari 2024 - 22:02 WITA

Kapolsek Pimpin Pengamanan Pleno Rekapitulasi Pemilu Kecamatan Lalan

19 Februari 2024 - 14:02 WITA

Trending di Berita Nasional