Berita Bolmong

Bukan Rujukan Tapi Yasti Siapkan Datoe Binangkang Tangani Pasien Korona. Alat Rapid Test dan 2.000 APD Diadakan

RSUD Datoe Binangkang Bolmong.
Kroniktotabuan.com

Hebat! Bukan Rujukan Tapi Yasti Siapkan RSUD Datoe Binangkang untuk Tangani Pasien Korona. Rapid Test dan 2.000 APD Diadakan

BOLMONG- Rumah sakit rujukan untuk menangani pasien virus Korona atau Covid-19 di Sulawesi Utara (Sulut) hanya ada 4. Yaitu RSUP Kandou Manado, RSUD Kotamobagu, RSU Ratatotok, dan RSU Sam Ratulangi.

Namun demikian, Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow secara tegas memerintahkan manajemen RSUD Datoe Binangkang agar bersiap untuk menangani pasien Korona jika ada.

Ventilator atau alat bantu penafasan diminta bupati untuk disiapkan oleh RSUD Datoe Binangkang.

Tak hanya itu, untuk mendukung penanganan, ruang isolasi juga diminta disiapkan.

Baca Juga: Bupati Yasti: Selamat HUT Bolmong dan Mari Berdoa Agar Dijauhkan dari Wabah Covid-19

Bupati Yasti juga mengadakan 2000 alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis, serta rapid test.

Mantan Ketua Komisi V DPR RI ini tak mau bergantung dengan RS lain, karena itulah dia memerintahkan RSUD Datoe Binangkang harus siap.

“Saya ingin, jika ada pasien warga Bolmong, maka harus ditangani semaksimal mungkin. Kita tetap berdoa warga Bolmong dijauhkan. Tapi kita harus selalu siap,” kata Yasti.

Selain itu, Puskesmas dan di desa-desa pihaknya juga mengadakan thermal scanner (Pendeteksi tubuh terjangkit virus Korona) untuk mengukur suhu tubuh.

“Setiap desa kita menyiapkan medis maupun paramedis. Paramedis ini diharuskan untuk memonitor langsung pasien yang termasuk ODP ataupun PDP untuk segera ditangani,” kata Yasti.

Yasti juga menyiapkan anggaran tak terbatas untuk pencegahan dan penanganan virus mematikan ini. (len)

To Top