Berita Bolmong

Dinkes, TNI, Polri dan Ormas di Bolmong Terus Berupaya Memutus Rantai Penularan Korona

penyemprotan disinfektan
Penyemprotan disinfektan di Kecamatan Dumoga Utara

BOLMONG– Langkah Pemkab Bolmong dalam upaya pencegahan penyebaran virus Korona atau Covid-19 terus dilakukan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong juga bersinergi dengan beberapa Ormas melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke tempat yang dianggap menjadi pusat berkumpulnya orang banyak. Seperti ruang publik terbuka hingga tempat-tempat ibadah baik masjid, gereja, dan pura.

Kabid Yusuf Detu mengatakan, pihaknya sejauh ini telah menerapkan protokoler kesehatan kepada masyarakat dengan cara mensosialisasikan dampak akan bahaya wabah virus Korona, serta melakukan pemeriksaan menyeluruh ke setiap desa.

Baca Juga: Untuk Pencegahan Virus Korona, Bupati Yasti Siap Berapapun Kebutuhan Anggaran

“Sejak kemarin sudah dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di tempat-tempat ibadah. Selain itu kita juga sudah mengirim tenaga medis dan paramedis dari Puskesmas untuk turun dan mengontrol langsung kesehatan masyarakat di beberapa desa,” ungkap Detu melalui dikonfirmasi via Whatsapp, Selasa (24/3/2020).

Selain itu langkah silosialisasi yang diterapkan yaitu menempelkan flayer atau panflet di tempat umum.


“Dalam flayer itu terdapat lngkah-langkah pencegahan terkait penyebaran Covid-19, serta ciri-ciri tertularnya virus Korona,” ujarnya.

sosialisasi bahaya korona

Sosialisasi pencegahan dan bahaya virus Korona oleh Dinkes Bolmong ke rumah-rumah warga.

Yusuf juga mengungkapkan, tim medis yang diturunkan ke setiap desa memakai alat kelengkapan medis sesuai SOP kesehatan yang dianjurkan. Mulai dari sarung tangan, masker dan pembungkus kepala, serta dilengkapi dengan cairan disinfektan dan hand sanitizer.

“Pekan ini kita juga bakal berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait yakni TNI dan polsek-polsek terdekat untuk melakukan operasi di beberapa pusat keramaian. Serta mensosialisasikan agar masyarakat melakukan social distancing serta berdiam diri di rumah selama 2 pekan,” katanya.

Sebelumnya Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dalam rilis resminya mengatakan, pihaknya telah  menyiapkan anggaran unlimited untuk pencegahan virus Covid-19.

“Berapapun anggaran yang dibutuhkan, Pemkab Bolmong akan siapkan,” pungkasnya. (len)

To Top