Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Insentif 560 Petugas Agama Naik


4 Jan 2017 10:24 WITA


 Petugas Agama dan Guru Mengaji Menerima Insentif Perbesar

Petugas Agama dan Guru Mengaji Menerima Insentif

Petugas Agama dan Guru Mengaji Menerima Insentif
Petugas Agama dan Guru Mengaji Menerima Insentif

KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu ingin menjadikan daerah ini daerah religious. Sejumlah kebijakan dan aturan diberlakukan, termasuk mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) salat berjamaah. Namun, program tersebut tidak akan berjalan maksimal tanpa kerja keras petugas agama. Karena itu 2017 ini, pemkot mengambil kebijakan menaikkan insentif  seluruh petugas agama.

“Semua petugas agama. Jumlah mereka 560 orang. Mulai dari imam masjid, pendeta, pastor, petugas Budha maupun Hindu,” ungkap Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Adin Mantali, Rabu (4/1)

2016 lalu insentif petugas agama hanya Rp300 ribu per bulan, tetapi 2017 ini dinaikkan menjadi Rp400 ribu per bulan. Adin menjelaskan, pembayaran insentif dilakukan setiap tiga bulan sekali. “Mekanismenya, petugas agama memasukkan laporan kegiatan mereka dan kita verifikasi sebelum insentif dibayarkan,” katanya.

Selain petugas agama tadi, pemkot juga mengambil kebijakan menaikkan insentif pegawai syari yang sebelumnya Rp300 ribu per bulan menjadi Rp400 ribu. Sedangkan untuk guru mengaji dinaikan dari Rp200 ribu  menjadi Rp300 ribu per bulan. “Kalau pegawai syari dan guru mengaji, insentif mereka dibayarkan berdasarkan rekomendasi dari pemerintah kelurahan/desa,” paparnya.

Kebijakan Pemkot Kotamobagu menaikkan besaran insentif guru mengaji dan petugas agama dinilai positif. Peran guru mengaji dan petugas agama sangat penting untuk membentuk mental masyarakat menjadi baik. Menurut Tokoh Agama Kelurahan Sinindian, Mihrab Salilo, sangat tepat kebijakan tersebut.

“Pekerjaan petugas agama dan guru mengaji itu berat, membentuk mental masyarakat. Ke depan saya kira bukan hanya insentif tapi fasilitas untuk mereka juga bisa dipikirkan oleh pemerintah,” ujar Salilo. (rez)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Agenda Pemeriksaan Intern BPK RI, OPD di Boltim Diminta Kooperatif

28 Januari 2023 - 10:19 WITA

Warga Atoga Timur Antusias Ikuti Kegiatan Jumat Curhat Polres Boltim

27 Januari 2023 - 15:39 WITA

Banjir dan Longsor Manado, Gubernur Olly Dondokambey dan Walikota Andrei Angouw Langsung Turun ke Lokasi

27 Januari 2023 - 13:44 WITA

Walikota Kotamobagu Hadiri Entry Meeting dalam rangka pemeriksaan pendahuluan LKPD 2022

27 Januari 2023 - 10:08 WITA

Pemerintah Asahan Terima Kunker Anggota DPRD Provsu

27 Januari 2023 - 05:09 WITA

Bupati Tinjau Jembatan di Kecamatan Rawang Panca Arga

26 Januari 2023 - 23:02 WITA

Trending di Berita Asahan