Menu

Mode Gelap

Berita Nasional

Mau Langsing Tanpa Lapar? Simak Trik Ini


5 Feb 2017 11:54 WITA


 Ilustrasi Perbesar

Ilustrasi

Ilustrasi
Ilustrasi

BANDUNG – Bentuk tubuh ideal pastilah menjadi dambaan siapapun, baik pria maupun wanita. Tak heran diet khusus sering dilakukan agar mendapat bentuk tubuh yang diinginkan. Namun program diet yang salah membuat tubuh menjadi lebih gemuk atau kehilangan bobot drastis yang menimbulkan efek samping. Padahal dengan menjaga pola makan Anda sudah bisa berdiet dan memiliki bentuk tubuh ideal.

Konsumsi makanan seimbang antara karbohidrat, protein dan serat sebanyak 3 kali sehari bahkan sangat dianjurkan, termasuk mengkonsumsi mineral semisal penggunaan garam pada asupan menu sehari-hari. Selain itu Anda juga dapat mengganti nasi putih yang biasa dikonsumsi dengan nasi merah atau hitam. Kandungan gula yang rendah dan serat yang tinggi pada berasa merah atau hitam membuat kita merasa kenyang lebih lama.

“Pola makan seimbang itu sudah cukup, bahkan untuk diet tetap dianjurkan mengkonsumsi protein dari daging atau ikan. Saya selalu mengingatkan pada pasien diet untuk tidak menghilangkan protein dalam menu diet, sedangkan untuk karbo kan tidak hanya nasi ada juga umbi, gandum dan lainnya, atau bisa juga coba nasi merah dan hitam,” ujar Prama Aditya, Dokter Umum klinik Seruni Bandung, 5 Februari 2017

Ia juga menyarankan untuk mengkonsumsi nasi sebanyak satu kepal tangan dalam setiap waktu makan dengan perbandingan sayur lebih banyak, juga menyertakan daging putih, seperti ayam atau ikan. untuk mengolah daging atau protein boleh dengan cara apapun, hanya saja jika melakukan proses penggorengan maka disarankan agar tidak terlalu kering atau deep fried, dan hindari menggunakan tepung dalam olahannya.

Untuk lebih kenyang, jika sekepal nasi terasa kurang Anda bisa mencoba makan dengan cara mengkonsumsi 1 mangkuk sup sayuran terlebih dahulu, sayuran bisa diolah sesuai selera tumis ataupun rebus. Setelah itu barulah mengkonsumsi nasi dan lauknya. Cara ini cukup ampuh untuk membuat perut kenyang. Sehingga dapat menurunkan nafsu untuk menambah porsi makan.

Bukan hanya mengkonsumsi menu seimbang saja, Prama menganjurkan untuk mengkonsumsi buah sebagai camilan, buah yang dianjurkan adalah buah naga, alpukat, dan kelapa muda karena buah-buahan tersebut rendah gula.

“Pola makan menu seimbang, ada sayur, buah daging, protein secara teratur dan dalam porsi cukup, itu bisa membuat bentuk tubuh lebih ideal. Dan coba mengganti camilan selain dengan buah bisa dengan kacang almon” ujar Prama

Ia juga menambahkan agar tidak lupa mengkonsumsi air mineral yang cukup dan dengan cara yang benar, seperti duduk saat sedang minum dengan beberapa kali tegukan, sehingga penyerapan air didalam tubuh tidak terganggu.

 

Sumber: Tempo.co

Komentari
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Presiden Jokowi Tegaskan Undang-Undang Batasi Masa Jabatan Kepala Desa 6 Tahun

25 Januari 2023 - 12:14 WITA

Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Gorontalo Terasa Sampai Kotamobagu Sulawesi Utara, Ini Kata BMKG

18 Januari 2023 - 09:56 WITA

Acara Pengganti Bulan Desember 2022 Tidak jelas, Tim No Refund Boboca Fest Bakal Tempuh Jalur Hukum

12 Januari 2023 - 15:12 WITA

Boboca Fest 2022

HUT PDI Perjuangan Ke-50, Ganjar Pranowo Siap Jalankan Instruksi Megawati

11 Januari 2023 - 21:20 WITA

HUT PDI Perjuangan Ke-50, Megawati Ingatkan Kader Soal Disiplin dan Aturan

11 Januari 2023 - 21:06 WITA

Tips Cek Video Hoaks di Youtube

10 Januari 2023 - 16:05 WITA

Trending di Berita Nasional