Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Pemkot Segera Terapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik


10 Apr 2018 18:19 WITA


 Ahmad Yani Umar Perbesar

Ahmad Yani Umar

KOTAMOBAGU– Berbagai inovasi untuk menunjang pelaksanaan pelayanan publik yang efisien dan merata, terus dilakukan Pemkot Kotamobagu dengan memanfaatkan teknologi.

Dengan demikian sistem pemerintahan dipastikan akan mampu mendorong percepatan pembangunan dan pelayanan secara transparan.

Menunjang program itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu segera merancang aplikasi sistem pemerintahan berbasis elektronik (e-SPBE).

“Beberapa waktu lalu kami telah mengikuti sosialisasi pedoman evaluasi SPBE yang dilaksanakan oleh KemenPAN-RB. Semua daerah sudah harus menerapkannya tahun depan. Sedangkan untuk Kotamobagu akan mulai tahun ini, agar bisa diketahui kekurangannya dan akan disempurnakan saat penerapannya nanti,” kata Kepala Diskominfo, Ahmad Yani Umar, Selasa (10/4/2018).

Ia menjelaskan, diterapkannya SPBE maka proses evaluasi pemerintahan kedepannya tak lagi dilakukan secara manual tapi sudah berbasis elektronik.

“Ada 35 indikator yang akan dievaluasi lewat sistem itu, seperti kebijakan soal pengelolaan kepegawaian, perencanaan, pengadaan dan lainnya yang berkaitan dengan pelayanan publik,” terangnya.

“Untuk Kotamobagu, yang menjadi supervisor penerapan SPBE adalah Sekretaris Daerah dan operatornya adalah Kepala Bidang Statistik Informasi dan Komunikasi Publik (SIKP) Dinas Komunikasi. SK nya sudah ada, tinggal ditandatangani walikota,” tambahnya. (rza)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tiga Periode di DPRD Saatnya Meiddy Makalalag Maju Calon Walikota Kotamobagu

7 April 2024 - 10:51 WITA

Bersama Forkopimda, Pj Walikota Kotamobagu Tinjau Kegiatan Monuntul

7 April 2024 - 09:30 WITA

BRI Kanca Kotamobagu Salurkan Bingkisan Kepada Pekerja Dasar dan Purnatugas BRI

3 April 2024 - 22:34 WITA

Pj Walikota Buka Musrenbang Penyusunan RKPD Kotamobagu Tahun 2025 dan RPJPD 2025-2045

3 April 2024 - 19:08 WITA

Bersama Forkopimda, Pj Walikota Kotamobagu Tinjau Pasar Senggol di Kelurahan Gogagoman

3 April 2024 - 19:00 WITA

Ini Besaran Target PAD Pemkot Kotamobagu Tahun 2024

2 April 2024 - 21:22 WITA

Trending di Berita Daerah