Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Penyelenggara Pilkada Harus Netral


5 Nov 2016 20:13 WITA


 Juri Ardiantoro Perbesar

Juri Ardiantoro

Juri Ardiantoro
Juri Ardiantoro

 

LOLAK – Untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak se Indonesia, Ketua KPU RI Juri Ardiantoro M.Si,Ph.D, memberi penegasan kepada seluruh penyelenggara, mulai dari komisioner KPUD, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), untuk bersikap netral dan adil.
 
Hal ini disampaikan Juri saat memberikan sambutan ketika menghadiri  pada rapat kerja (Raker) dan konsolidasi penyelenggara Pilkada, yang dilaksanakan KPU Bolmong, di Aula Bagas Raya Yadika Desa Kopandakan II Kecamatan Lolayan, Bolmong.   
 
Menurut Juri, kedatangannya yang pertama kali di Bolmong untuk menyaksikan dan memastikan secara langsung apakah penyelenggara mulai dari KPUD, PPK dan PPS, sudah menjalankan tahapan sesuai aturan. “Penyelenggara bukan hanya paham aturan, tapi bisa mengerjakan aturan yang dimaksud. Dan paling penting adalah, penyelenggara bisa menjaga diri dari kemungkinan penyalahgunaan wewenang dan bisa berdiri serta memperlakukan pasangan calon secara adil,” jelas Juri.
 
Tahun 2017, kata Juri, ada 101 daerah di Indonesia yang menyelenggarakan Pilkada serentak. Sehingga dirinya berharap, di Bolmong bisa menjadi Pilkada yang membanggakan untuk Indonesia. “Penyelenggara Pilkada harus bisa menjalankan tahapan sesuai aturan yang berlaku. Tidak boleh melenceng atau melanggar peraturan. Selain itu, penyelenggara juga harus memahami seluruh aturan yang mengatur tugas dan wewenang penyelenggara. Yang tidak kalah penting adalah, penyelenggara harus tahan godaan dan menjaga integritas karena sudah disumpah,” tegasnya.
 
Komisioner KPUD Bolmong, Daendels Somboadile, dalam laporannya menyampaikan diselenggarakannya kegiatan ini sebagai bentuk kesiapan dan konsolidasi penyelenggara Pilkada, mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). “Selain itu, tujuannya untuk menjamin kesiapan penyelenggara pilkada yang profesional, berintegritas, serta solidaritas sehingga Pilkada Bolmong yang beradab, beradat dan bermartabat ini terlaksana dengan baik,” kata Daendels.
Sementara Ketua KPUD, Fahmi Gz Gobel, mengatakan acara ini dihadiri 1250 undangan. “Seluruh PPK di 15 Kecamatan, PPS dari 202 Desa/Kelurahan yang ada di Bolmong, serta Panwas dan Panwascam,” ujar Fahmi.
 
Kegiatan turut dihadiri Penjabat Bupati Bolmong, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling SE, Dandim 1303 Bolmong Letkol (Inf) Sampang M.Sitohang S.Si, Ketua KPU Provinsi Sulut Yessy Momongan, Pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut satu dan dua, Wakapolres Bolmong Kompol Apri Wibowo SIK, Komisioner KPUD se Bolmong raya, Panwas dan Panwascam Bolmong, serta PPK, PPS dan KPPS se Bolmong. (alk)
Komentari
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Musrenbang Tuntas, Infrastruktur Dominasi Usulan 12 Desa di Kecamatan Dumoga Barat

25 Januari 2023 - 12:02 WITA

Triwulan Dua Dana Banpol Bolmong 2023 Cair, PDI Perjuangan Terbesar

24 Januari 2023 - 14:20 WITA

Presiden Targetkan Bendungan Lolak Selesai Maret atau April 2023, Jokowi Pasti ke Bolaang Mongondow

20 Januari 2023 - 13:18 WITA

Hampir 2 Tahun Cabuli Anak di Bawah Umur, Kepala Panti Asuhan di Lolak Ditahan Polda Sulut

19 Januari 2023 - 14:30 WITA

Bupati Bolmong Segera Lantik 32 Pejabat Eselon II, Ini Bocoran Jadwalnya

17 Januari 2023 - 13:15 WITA

Warga Apresiasi Peningkatan Jalan di 2 Dusun Desa Toruakat Tuntas Ditangan Bupati Limi

12 Januari 2023 - 19:38 WITA

Trending di Berita Bolmong