Berita Bolmong

Serahkan LKPD Bolmong Tahun 2020 kepada BPK, Ini Harapan Bupati Yasti

Serahkan LKPD Bolmong Tahun 2020 kepada BPK, Ini Harapan Bupati Yasti
Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow menyerahkan LKPD Bolmong Tahun 2020 kepada Kepala BPK RI Perwakilan Sulut. (istimewa)

BOLMONG– Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow didampingi Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020  kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Sulut, selasa (9/3/2021).

Yasti mengatakan, LKPD merupakan kewajiban ppemerintah yang harus disampaikan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan APBD sesuai dengan standar akuntansi pemerintah.

LKPD disusun berdasarkan sistem pengendalian internal yang memadai, yang isinya meliputi informasi, pelaksanaan anggaran, posisi keuangan dan catatan atas laporan keuangan.

Baca Juga: Camat dan Sangadi di Bolmong Segera Divaksin

“Pemeriksaan LKPD oleh BPK pada dasarnya merupakan kebutuhan Pemerintah Daerah, agar laporan yang disusun dapat dinilai kewajarannya sesuai standar akintansi daerah, serta berbagai bahan evaluasi dan penilaian atas pertanggungjawaban prlaksanaan anggaran oleh Pemerintah Daerah,” kata Yasti menjelaskan.

Bupati Yasti juga mengapresiasi atas berkenannya Kepala BPK perwakilan Provinsi Sulut karena telah menerima LKPD tahun 2020,  sembari menyatakan siap untuk diaudit oleh tim auditor BPK.

Baca Juga: Nafsu Makan Nakes di Bolmong Naik Setelah Divaksin

“Hrapanya semoga LKPD tahun 2020 yang diberikan hari ini dapat memberikan capaian yang terbaik dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) perdana untuk Kabupaten Bolmong,” harap Yasti.

Dalam upaya tersebut, Yasti menyebut Pemkab Bolmong sangat mengharapkan berbagai saran, masukan dan koreksi dari BPK untuk ditibdaklanjuti berdasarkan pribsip-prinsip yang akuntabel sesuai dengan peraruran perundang-undangan.

“Karena, opini WTP tak hanya menjadi predikat, namun lebih memberikan manfaat yang dirasakan masyarakat, karena pengelolaan keuangan yang baik tentu membawa kemaslahatan bagi pemerintah dan juga masyarakat,” tandasnya. (len)

To Top