Menu

Mode Gelap

Berita Teknologi

Simak! Ternyata Ini 5 Manfaat Kesehatan Jika Rutin Konsumsi Anggur Hitam


31 Jul 2023 10:50 WITA


 Simak! Ternyata Ini 5 Manfaat Kesehatan Jika Rutin Konsumsi Anggur Hitam Perbesar

KRONIK TOTABUAN – Anggur memiliki berbagai macam warna di antaranya hijau, merah, dan hitam. Selain rasanya yang manis, konsumsi buah anggur hitam juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Warna ungu tua yang terlihat hampir hitam berasal dari pigmen antosianin yang merupakan antioksidan kuat. Ini juga ditemukan pada buah dan sayuran berwarna gelap lainnya seperti blueberry, blackberry, dan terong.

Seperti dilansir dari laman Pinkvilla, Jumat (28/7/2023), berikut ini manfaat anggur hitam bagi kesehatan:

1. Baik untuk Kesehatan Jantung
Resveratrol dan anthocyanin adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam anggur. Antioksidan ini menawarkan perlindungan luar biasa untuk jantung dan otak Anda. Antosianin ini juga membantu melindungi dari aterosklerosis, penumpukan plak di arteri Anda.

Dengan mengurangi stres oksidatif dan peradangan, antioksidan ini berkontribusi pada manfaat kesehatan jantung. Itu sebabnya anggur sering dikaitkan dengan kesehatan jantung.

2. Kesehatan Otak
Anggur hitam baik untuk otak karena mengandung resveratrol yang dapat membantu memperlambat penyakit Alzheimer. Selain itu anggur jenis ini juga mengandung resveratrol, bahkan dapat membantu menjaga daya ingat Anda tetap tajam.

3. Melawan Kanker
Anggur hitam, dengan antioksidannya seperti resveratrol dan antosianin, dapat melawan kanker. Meskipun resveratrol tampak menjanjikan dalam perang melawan kanker, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

Jangan lupa, kulit anggur mengandung resveratrol paling banyak, jadi jagalah agar tetap utuh untuk manfaat anggur hitam yang maksimal.

4. Memperkuat Tulang
Resveratrol yang ditemukan dalam anggur hitam dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang, yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Namun, efek ini hanya diamati pada tikus, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian yang melibatkan manusia untuk mengonfirmasi hal ini.

5. Baik untuk Kesehatan Kulit
Sekali lagi, banyaknya antioksidan dalam anggur hitam, terutama antosianin, dapat meningkatkan kesehatan kulit. Mereka bahkan telah ditemukan efektif melawan kanker kulit dan juga dapat membantu mengatasi masalah kulit ringan seperti jerawat.

Anggur hitam, seperti tabir surya alami untuk kulit, melindunginya dari efek berbahaya radiasi UV. Ini berarti lebih sedikit sengatan matahari dan bintik-bintik gelap. Plus, mereka membantu melawan penuaan dini yang disebabkan oleh sinar UV.(*)

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tangan Dingin Mekal Bawa PDIP Segel 9 Kursi DPRD Kotamobagu

22 Februari 2024 - 19:14 WITA

Warga Desa Macang Sakti Sepakat Antar Apriyadi Jadi Calon Bupati

31 Januari 2024 - 20:30 WITA

Jarang Diketahui! Ini 4 Manfaat Rutin Mengkonsumsi Pop Corn

27 Januari 2024 - 18:49 WITA

Ribuan Warga Kotamobagu Selatan Komitmen Menangkan Rio Dondokambey, Mahfud-Ganjar dan Mekal

25 Januari 2024 - 15:24 WITA

Bupati Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama Pemda Bolsel

24 Januari 2024 - 17:41 WITA

Jarang Diketahui! Ternyata 5 Daun Ini Ampuh Libas Gejala Kolesterol

21 Januari 2024 - 15:32 WITA

Trending di Health