Menu

Mode Gelap

Berita Nasional

Soal Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Masih Membahas “Road Map”


6 Nov 2020 11:56 WITA


 Soal Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Masih Membahas “Road Map” Perbesar

JAKARTA – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan, masih membahas peta jalan (roadmap) vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

“Roadmap ini nantinya akan menjadi panduan dalam tahapan vaksinasi termasuk di dalamnya panduan terkait penerima vaksin, jadwal vaksin, serta alur distribusi vaksin,” kata Wiku dalam konferensi pers, Kamis, 5 November 2020.

Wiku mengatakan sejalan dengan adanya roadmap ini, diharapkan masyarakat dapat bersabar hingga adanya vaksin dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Ia pun meminta agar masyarakat tak khawatir tentang keamanan dari vaksin yang nanti akan digunakan pemerintah.

“Saya ingin menghimbau agar masyarakat tidak khawatir, karena pemerintah pasti akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis, efektif, dan sesuai rekomendasi dari WHO,” kata Wiku.

Nantinya, Wiku mengatakan pendistribusian vaksin akan menyesuaikan dengan urutan prioritas. Seperti yang utama adalah kelompok berisiko dan penduduk dengan resiko wilayah tinggi. Pemerintah, kata dia, saat ini juga tengah mengakselerasi persiapan logistik dan SDM untuk vaksinasi Covid-19.

Ia menyebut sampai saat ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih optimistis bahwa para peneliti akan mampu mengembangakan vaksin Covid-19 yang aman dan efektif. Beragam vaksin potensial, disebut Wiku tengah dikembangkan di berbagai belahan dunia. Beberapa di antaranya itu telah masuk ke tahapan uji klinis fase 3.

Wiku kembali mengingatkan, meski vaksin menjadi harapan banyak anggota masyarakat, namun vaksin bukan yang utama. Ia tetap mengimbau masyarakat tak semata-mata menunggu vaksin dan abai pada protokol kesehatan.

“Untuk saat ini, taat pada protokol kesehatan adalah satu-satunya jalan yang kita miliki agar terhindar dari Covid-19,” kata Wiku.(*)

tempo

Komentari
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Gelar Festival Budaya Bogani 2023, Ganjar Pranowo Apresiasi KPMIBM Raya Cabang Yogyakarta

28 Januari 2023 - 20:27 WITA

KPMIBM Raya Cabang Yogyakarta Gelar Bogani Fest 2023

28 Januari 2023 - 20:06 WITA

Presiden Jokowi Tegaskan Undang-Undang Batasi Masa Jabatan Kepala Desa 6 Tahun

25 Januari 2023 - 12:14 WITA

Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Gorontalo Terasa Sampai Kotamobagu Sulawesi Utara, Ini Kata BMKG

18 Januari 2023 - 09:56 WITA

Acara Pengganti Bulan Desember 2022 Tidak jelas, Tim No Refund Boboca Fest Bakal Tempuh Jalur Hukum

12 Januari 2023 - 15:12 WITA

Boboca Fest 2022

HUT PDI Perjuangan Ke-50, Ganjar Pranowo Siap Jalankan Instruksi Megawati

11 Januari 2023 - 21:20 WITA

Trending di Berita Nasional