Bulan Ini 79 Sangadi di Boltim Bakal Berangkat Studi Tiru di Bandung dan Lombok

KRONIK TOTABUAN – Dalam waktu dekat, sebanyak 79 sangadi (kepala desa) yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bakal melakukan studi tiru desa wisata, desa digital serta Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Bandung dan Barat dan Lombok.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim Hendra Tangel saat ditemui di ruang kerjanya, di Tutuyan Senin, 8 Agustus 2022.

“Tujuan dilaksanakannya studi tiru ini agar Pemerintah Desa (Pemdes) bisa mengambil referensi langsung terkait pengelolaan serta pengaplikasian terkait desa wisata, desa digital dan Bumdes,” ujar Hendra.

Baca Juga: Pelatihan Perangkat Desa Boltim Diapresiasi DPRD

Dirinya mengatakan bahwa selama ini Pemdes hanya selalu melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) dalam kelas saja.

“Sehingga Pemdes mengalami kesulitan dalam mengaplikasikannya ketika tidak ada contoh yang harus diikuti. Maka dari itu, kita melaksanakan studi tiru ini,” lanjutnya.

Hendra mengungkapkan bahwa studi tiru ini rencananya bakal dilakukan selama 3 hari di dua daerah yang berbeda yakni, wilayah pesisir dan wilayah pegunungan serta akan terbagi dalam 2 kontingen yakni 34 desa menuju Bandung sedangkan 45 desa di pesisir akan berangkat menuju Lombok.

“Tujuan dipilihnya dua daerah tersebut selain untuk menyesuaikan situasi dan kondisi wilayah pesisir dan pegunungan, disitu juga terdapat desa yang bumdesnya adalah yang terbaik Nasional, kemudian ada juga Desa yang sudah menjalankan sistem pelayanan digital di desanya,” jelasnya.(Retho Bambuena)

Berita Terpopuler