Menu

Mode Gelap

Berita Nasional

Jokowi Ciptakan Matahari Kembar di ESDM


16 Okt 2016 11:20 WITA


 Tatong Bara Perbesar

Tatong Bara

Ignasius Jonan- Archandra Tahar
Ignasius Jonan- Archandra Tahar

JAKARTA – Pengangkatan Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendampingi Ignasius Jonan selaku Menteri ESDM dinilai berpotensi memunculkan matahari kembar di internal kementerian tersebut. Apalagi, ada  kecenderungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan tenaga Arcandra Tahar untuk mengurus sektor ESDM.

Direktur Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengatakan, kecenderungan itu tampak saat Arcandra Tahar sempat diangkat menjadi Menteri ESDM. Namun terkendala akibat persoalan status kewarganegaraan ganda.

“Kalau Arcandra merasa lebih dibutuhkan, (Arcandra) bisa saja punya gagasan bahwa dia memiliki posisi tawar lebih tinggi daripada menteri,” ujar Fabby dalam sebuah acara diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (15/10/2016).

Kondisi ini, kata dia Arcandra Tahar bisa merasa lebih dibutuhkan oleh Jokowi. Akibatnya, Arcandra Tahar bisa saja mengambil keputusan di luar batas kewenangannya.

“Kita khawatir kalau Wamen merasa sebagai menteri, bisa buat keputusan dan akses langsung kepada presiden. Ini kemudian menciptakan matahari kembar dalam hal ini Pak Jonan tidak akan efektif kerjanya,” ucapnya.

Maka itu dirinya mengimbau kepada Menteri ESDM agar memberikan batas-batas tugas dan wewenang yang melekat kepada Arcandra Tahar.

Sementara itu, Fabby juga berharap presiden bisa konsisten pada pilihannya dengan menunjuk Jonan sebagai pembantu di Kabinet Kerja. “Pak Jokowi harus konsisten dengan pilihannya. Tidak lebih senang bicara dengan Arcandra Tahar ketimbang Jonan,” katanya. (sdo/zha)

Sumber: sindonews.com

Komentari
Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tak Hanya Disawer! Ternyata Biduan Nayunda Juga Dititipkan Jadi Tenaga Honorer ole Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo

24 Mei 2024 - 09:17 WITA

World Water Forum ke-10 Majukan UMKM dan Pariwisata Indonesia

27 April 2024 - 15:07 WITA

Ditahan Kejati Gorontalo karena Korupsi, Ini Riwayat Pendidikan, Organisasi dan Pekerjaan Hamim Pou

17 April 2024 - 16:25 WITA

Anton Wijaya DPO Kasus Curanmor Ditangkap Polsek Babat Toman

17 April 2024 - 14:46 WITA

Pj Bupati Muba Lantik 174 Pejabat Administrasi dan Fungsional

2 April 2024 - 19:38 WITA

Alat PLN Mulai Masuk, Pelanggan MEP di Muba Bersih-bersih Lokasi Pembangunan Jaringan

31 Maret 2024 - 20:59 WITA

Trending di Berita Daerah