Headline News

Presiden Jokowi Pilih Mantan Ajudannya Sebagai Calon Kapolri, Berikut Profilnya

Presiden Jokowi Pilih Mantan Ajudannya Sebagai Calon Kapolri, Berikut Profilnya
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Humas Mabes Polri)
Kroniktotabuan.com
70 / 100

JAKARTA– Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan masuk masa pensiun.

Kepastian penunjukkan calon Kapolri setelah Surat pencalonan Kapolri diserahkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada pimpinan DPR RI, Rabu (13/1/2021), di Gedung Nusantara III.

Surar presiden diterima langsung Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi oleh Wakil Ketua DPR lainnya yakni, Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad dan Rachmat Gobel.

Baca Juga: Ini Link Live Streaming, Presiden Jokowi dan Raffi Ahmad Sudah Disuntik Vaksin Sinovac

Setelah itu Puan Maharani mengumumkan isi surat tersebut, yang isinya menyebtukan bahwa Presiden Jokowi resmi mencalonkan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

“Calon Kapolri dengan nama tunggal dengan nama Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri,” kata Ketua DPR Puan Maharani membacakan surat presiden.

DPR RI selanjutnya akan memproses surat tersebut sesuai dengan aturan dan mekanisme.

Baca Juga: Selain Presiden Jokowi, Beredar Nama-nama yang Akan Disuntik Vaksin Hari Ini, Ada Najwa Shihab dan Raffi Ahmad

Selanjutnya surat presiden akan dibahas di Rapat Pimpinan DPR, Rapat Badan Musyawarah (Bamus) bersama perwakilan fraksi di DPR untuk memberikan mandat tersebut kepada Komisi III DPR yang membidangi Hukum dan HAM.

“Kami akan menugaskan Komisi III untuk melakukan uji kelayakan atau fit and proper, kemudian dibawa ke rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan dewan,” kata Puan.

Profil Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo:

Lahir diAmbon, Maluku, 5 Mei 1969 itu adalah perwira jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991. Sigit merupakan ajudan Presiden Jokow pada 2014-2016

Sigit resmi dilantik menjadi Kepala Bareskrim Polri pada Senin, 16 Desember 2019. Selama berkarier, Sigit pernah beberapa kali menduduki jabatan strategis di kepolisian. Lulusan S2 Universitas Indonesia dengan tesis penanganan konflik etnis di Kalijodo itu pernah menjabat Kapolres Pati (2009) dan tahun selanjutnya dimutasi menjadi Kepala Kepolisian Resor Sukoharjo (2010).

Setelah itu, dia menduduki posisi Wakapoltabes Semarang, dan pernah menjadi Kapolres Solo.

Baca Juga: Olly Akan Jadikan Pantai Malalayang Public Beach Promenade

Pada 2012 menjabat Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri. Tahun 2013, Sigit ditugaskan menjadi Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara (2013), namun pada 2014 setelah Jokowi menjadi Presiden, dia kembali ke Jakarta untuk mengemban tugas menjadi ajudannya pada 20 Oktober 2014 hingga 5 Oktober 2016.

Selanjutnya dia mendapat promosi jabatan sebagai Kapolda Banten dan menyandang pangkat bintang satu. Sigit memimpin Polda Banten selama 2 tahun, yakni 5 Oktober 2016–13 Agustus 2018.

Baca Juga: Warga Ikhwan, Pelaku Cabul Dibekuk Resmob Kotamobagu

Selepas menjabat Kapolda Banten, Sigit menjadi salah satu anggota polisi yang mendapatkan promosi jabatan di lingkungan Polri untuk menjadi Kadiv Propam menggantikan Irjen Martuani Sormin, yang ditugaskan sebagai Kapolda Papua.

Setelah kosong selama 35 hari sejak ditinggalkan Idham Azis, melalui Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/3229/XII/KEP./2019 tanggal 6 Desember 2019, diterangkan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kabareskrim Polri.

Komentar

To Top