Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Lestarikan Kebudayaan Bolaang Mongondow, KPMIBM Yogyakarta Gelar Bogani Fest 2022


23 Jan 2022 12:47 WITA


 Lestarikan Kebudayaan Bolaang Mongondow, KPMIBM Yogyakarta Gelar Bogani Fest 2022 Perbesar

KRONIK TOTABUAN – Dalam rangka turut serta melestarikan nilai luhur adat istiadat dan kebudayaan Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Hal tersebutlah yang juga menjadi dasar pikiran organisasi kedaerahan KPMIBM cabang Yogyakarta untuk membuat Festival Kebudayan atau Bogani Fest 2022.

Baca Juga: Melayat Ke Rumah Duka Kajati Sulut, Mekal Sampaikan Ucapan Duka Mendalam

Dalam Festival ini kami mengusung tema “Perayaan KPMIBM dalam ekspresi Kebudayaan” yang diselenggarakan selama 4 hari, yang dilaksanakan sejak 19-24 Januari. Pada malam puncaknya ada pementasan berbagai perfomece dari kader-kader KPMIBM.

Ketua KPMIBM Rivaldo Kawulur mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa yang ada di Yogyakarta tidak melupakan identitas mereka.

“Kami sebagai organisasi kedaerahan ingin agar mahasiswa BMR yang ada di tanah Yogya ini tidak melupakan juga keistimewaan adat dan budaya yang dimiliki Bolaang Mongondow. Bagaimana kemudian kita tetap Mongondow di tanah istimewa,” ungkapnya

Dirinya juga berharap dengan Festival kebudayaan ini bisa mengangkat nama Bolaang Mongondow di kancah Nasional.

“Saya juga berharap dengan kegiatan ini bisa membawa nama Bolaang Mongondow dengan berbagai adat yang dan etnis budaya yang beragam akan lebih di kenal dalam skala Nasional. Apalagi kegiatan malam Festival dilaksnakan di salah satu taman kebudayan Yogyakarta. Ini adalah kontribusi yang bisa kami berikan kepada daerah ketika kami masih menempuh pendidikan di luar daerah,” tambah Kawulur

Rahman Hakim yang merupakan ketua panitia menjelaskan bahwa mereka mengundang seluruh oranisasi kedaerahan se Indonesia.

“Ini akan menjadi acara yang besar, karena kami mengundang seluruh organisasi daerah se Indonesia yang ada di Yogyakarta untuk kemudian memperkenalkan cultur Bolaang Mongondow raya kepada mereka, selain itu kegiatan ini juga sebagai tanda bahwasanya kami di kota pelajar & kota yang kental akan budaya ini tidak hanya sekedar menuntut ilmu akan tetapi kami sebagai mahasiswa yang tak lupa akan budaya Bolaang Mongondow Raya juga ingin melestarikan budaya dengan pengetahuan yang kita miliki sebagai mahasiswa, salah satunya pada kegiatan Bogani Fest kali ini, ” tutupnya.(*)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 288 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tomas, Toga dan Pemerintah Pusat Apresiasi Peralihan Listrik di Muba

17 April 2024 - 23:36 WITA

Halalbihalal di Desa Motabang, Bupati Limi Ajak Warga Jalin Silaturahmi dan Pererat Tali Persaudaraan

17 April 2024 - 20:21 WITA

Pj Walikota Kotamobagu Hadiri Perayaan Hari Raya Ketupat di Kelurahan Upai

17 April 2024 - 20:18 WITA

Sifat Ini Bikin Salat Tahajud Seseorang Sia-sia Belaka, Simak Penjelasan Gus Baha

17 April 2024 - 18:55 WITA

Minum Parasetamol Berpengaruh ke Jantung, Ini Hasil Studi Ahli

17 April 2024 - 17:04 WITA

Ditahan Kejati Gorontalo karena Korupsi, Ini Riwayat Pendidikan, Organisasi dan Pekerjaan Hamim Pou

17 April 2024 - 16:25 WITA

Trending di Berita Daerah