Berita Politik

Tingginya Angka Pernikahan Dini, Ini Kata Aleg DPRD KK

Foto Berita Politik

KRONIK TOTABUAN – Tingginya angka pernikahan anak usia dini di wilayah Kota Kotamobagu, turut menuai perhatian Ketua Komisi III DPRD Kotamobagu, Royke Kasenda.

Berdasarkan data, sedikitnya 89 kasus pernikahan dini tercatat di Pengadilan Agama Kotamobagu untuk semester pertama tahun 2021.

Meski demikian, Royke mengaku belum memperoleh data terbaru dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kotamobagu, selaku dinas yang menjadi mitra kerja Komisi III.

“Memang data terakhir tentang kasus pernikahan dini ini belum kami kantongi, namun saya pribadi menilai faktor pernikahan dini itu terjadi karena kurangnya tingkat pendidikan atau pengetahuan tentang resiko yang akan terjadi kalau melakukan pernikahan dini,” kata Roy, Rabu (7/7/2021).


Royke mengatakan, sebagai orang tua tentunya harus bisa melakukan kontrol terhadap pergaulan anak. “Kurangnya kontrol dari orang tua maka terjadilah pergaulan bebas, sebab terkadang pernikahan dini dilakukan karena insiden,” tuturnya.

Untuk itu, Politisi PDIP ini mengimbau kepada orang tua di Kotamobagu agar tetap melakukan pengawasan terhadap pergaulan anak. “Orang tua harus lebih terbuka dengan anak-anak tentang bahaya dan risiko terjadinya pernikahan dini,” tutupnya.(*)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top