.
Berita Bolmong

PETI Bakan Ditutup untuk Keselamatan Warga

PETI Bakan Ditutup untuk Keselamatan Warga Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Selasa (28/8/2018) kemarin, aparat keamanan gabungan Polri dan TNI bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, menghentikan dan menutup aktivitas di lokasi Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan.

PETI Bakan sudah mendapat rekomendasi untuk ditutup karena berbahaya dan telah menelan banyak korban jiwa. Paling tragis pada Juni lalu, enam korban tewas sekaligus karena tertimbun rentuhan material longsor.

Kapolres Bolmong AKBP Gani Fernando Siahaan mengatakan, penutupan PETI Bakan untuk menghndari adanya korban jiwa baru.

“Pemerintah Daerah bersama Forkompimda sudah mengambil langkah tegas, akhir Agustus seluruh aktivitas pertambangan harus dihentikan dan ditutup,” tegas Gani.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bolmong, Abdul Latif mengatakan, penutuan PETI Bakan sudah tepat mengingat potensi pencemaran lingkungan di sana mengancam keberlangsungan hidup warga sekitar.

“Keberadaan PETI Bakan sudah mendapat perhatian juga Komnas HAM. Penutupan sudah tepat karena menyangkut keberlangsung hidup masyarakat sekitar. Ancaman pencemaran lingkungan sangat bahaya,” katanya. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top