Menu

Mode Gelap

Health

Jarang Diketahui! Sering Begadang Ternyata Bisa Jadi Pemicu Asam Urat


18 Agu 2023 11:12 WITA


 Jarang Diketahui! Sering Begadang Ternyata Bisa Jadi Pemicu Asam Urat Perbesar

KRONIK TOTABUAN –  Asam urat merupakan radang sendi yang dapat menyerang siapa saja dengan ditandai rasa nyeri hingga bengkak, kondisi ini salah satu penyebabnya dipicu oleh sering begadang.

Berdasarkan hasil studi terbaru, mengungkapkan bahwa perilaku tidur juga berpengaruh pada risiko seseorang terkena penyakit asam urat.

Studi baru ini dikerjakan oleh para peneliti di UK Biobank dan hasil studi sudah diterbitkan dalam Journal of Psychosomatic Research. Subjek penelitian diamati selama 12 tahun dan 1,1 persen dari mereka atau 4.270 orang ternyata terdiagnosis sakit asam urat.

Studi ini bersifat kohort berbasis populasi, melibatkan 403.630 peserta tanpa asam urat pada awalnya. Peneliti menggunakan pendekatan komprehensif untuk mengevaluasi perilaku tidur peserta studi.

Lima perilaku tidur dikategorikan dalam studi ini di antaranya kronotipe, durasi tidur, insomnia, mendengkur, dan ngantuk di siang hari. Tidurnya sendiri diklasifikasikan menjadi dua kelompok, tidur yang buruk (skornya 0-3) dan tidur sehat (skor 4-5).

“Peserta dengan pola tidur sehat menunjukkan risiko kena asam urat jauh lebih rendah, ketimbang mereka yang pola tidurnya buruk,” jelas studi tersebut yang dikutip dari laman Doc Wire News, Rabu (16/8/2023).

“Secara khusus, mereka yang tidurnya sehat dikaitkan dengan 21 persen penurunan risiko serangan asam urat,” sambung laporan itu.

Selain itu, dalam studi tersebut juga dikemukakan pengaruh risiko genetik asam urat dengan pola tidur sehat, dan hasilnya pun sama. Mereka yang punya riwayat asam urat, kalau tidurnya sehat, risiko kena penyakit asam urat lebih rendah.

Para peneliti menerangkan secara umum pola tidur yang sehat ditandai dengan tidur 7-9 jam per hari di waktu tidur yang tepat, tidak atau jarang insomnia, tidak mendengkur, dan tidak ngantuk di siang bolong, secara signifikan menurunkan risiko kena asam urat.(*Red)

Artikel ini telah dibaca 57 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Jarang Diketahui! Ini 4 Manfaat Rutin Mengkonsumsi Pop Corn

27 Januari 2024 - 18:49 WITA

Jarang Diketahui! Ternyata 5 Daun Ini Ampuh Libas Gejala Kolesterol

21 Januari 2024 - 15:32 WITA

Simak! Berikut 5 Tips Cegah Flu dan Batuk di Musim Penghujan

16 Januari 2024 - 12:54 WITA

Waspada Kelesterol Tinggi Tak Biasa! Ahli Ungkap Berikut Gejalanya

15 Januari 2024 - 13:43 WITA

Simak! Ini 5 Manfaat Nangka Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

11 Januari 2024 - 11:05 WITA

Hindari Lima Kebiasaan Ini Sebelum Tidur, Berat Badan Susah Turun

4 Januari 2024 - 06:31 WITA

Trending di Headline News