RSUD Kotamobagu Turun Tipe, Dirut Baru Pasang Target Ini!
Berita Kotamobagu

RSUD Kotamobagu Turun Tipe, Dirut Baru Pasang Target Ini!

RSUD Kotamobagu Turun Tipe, Dirut Baru Pasang Target Ini! Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mendapat pukulan telak dengan turunnya tipe Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dari C ke D.

Ini penanda bahwa pembenahan besar-besaran harus dilakukan manajemen RSUD yang ada sekarang. Apalagi mulai dari Direktur sampai kepala seksi di RSUD tersebut hamper semuanya baru karena baru dilantik pekan lalu.

Direktur RSUD Kotamobagu, dr Tanty Korompot, mengatakan bahwa target jangka pendek adalah mengembalikan tipe D ke C dan akreditasi paripurna.

Saat ini, kata Tanty, RS yang dia pimpin sudah memiliki 16 Pokja dari sebelumnya hanya 4 Pokja.

“Itu sudah Standar Nasionalasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS). Soal penurunan tipe, ada hal yang tidak dilakukan dan itu menjadi penyebab,” ucapnya, Senin (29/7/2019).

Lanjutnya, syarat tipe C sebenarnya sudah sangat memenuhi untuk RSUD Kotamobagu. Bahkan bias lebih tinggi lagi.

“SDM sudah memadai. Hanya saja saat survei dilakukan, kontrak dokter spesialis belum diperbarui. Sarana dan prasarana kesehatan sudah memadai. Pengadaan Alkes sudah sejak 2016, cuma pelaporan tidak di update, sehingga tidak ada laporan di sana,” jelasnya.

“Masih ada kesempatan untuk mengembalikan akreditasi ke tipe C melalui jalur pengajuan keberatan. Kita berikan kesempatan untuk memberikan keberatan, tapi kita perlu data. Itu sementara dikumpulkan untuk disinkronkan dengan Dinas Kesehatan Provinsi. Kita segera ke Jakarta layangkan keberatan,” pungkasnya. (mg1/zha)

 

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top