Berita Hukum

Rutan Kelas II B Kotamobagu Tiadakan Kunjungan untuk Cegah Penyebaran Covid-19

rutan kotamobagu 1
Keluarga menunggu kesempatan masuk di depan pintu masuk Rutan Kelas II B Kotamobagu beberapa waktu lalu.

KRONIK TOTABUAN – Sejak hari pertama Idul Fitri hingga hari ketiga, Sabtu (15/5/2021), tidak ada keluarga tahanan maupun narapidana yang diizinkan berkunjung ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kota Kotamobagu.

Pihak Rutan memberlakukan kebijakan larangan berkunjung untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19 di lingkungan Rutan, termasuk kepada keluarga yang berkunjung.

Apalagi saat ini 98 penghuni Rutan Kelas II B Kotamobagu tersebut belum lama ini dinyatakan positif Covid-19.

Kondisi itu yang dikhawatirkan pihak Rutan jika mengizinkan keluarga berkunjung. Sebab biasanya di hari besar keagamaan, kunjungan akan melonjak.


Baca Juga: Dibawa ke Rutan, 14 Tahanan Kejari Kotamobagu Dirapid Test

Kepala Rutan Kelas IIB Kota Kotamobagu melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Busen, menegeskan bahwa sudah kewajiban berperan dalam upaya penanggulangan sekaligus mengantisipasi kembali terjadinya penularan virus corona dalam lingkungan Rutan.

“Sebagai gantinya, Rutan memfasilitasi layanan telepon dan video call bagi keluarga yang silaturahmi dengan tahanan atau napi di dalam selama lebaran Idul Fitri,” ujar Busen.

Untuk pengiriman makanan ke dalam Rutan, lanjut Busen, bisa diizinkan namun harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Untuk antar titipan makanan tetap ada pelayanan, namun tetap akan dilakukan sesuai protokol kesehatan. Itu sudah kebijakan nasional yang harus diperhatikan bersama,” tandasnya. (bto)

To Top