Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

APBD P Tak Jalan, SKPD Asyik Perjalanan Dinas


20 Okt 2016 13:34 WITA


 Kebiasaan melakukan perjalanan dinas akhir tahun, harus dihentikan. (foto ilustrasi) Perbesar

Kebiasaan melakukan perjalanan dinas akhir tahun, harus dihentikan. (foto ilustrasi)

Kebiasaan melakukan perjalanan dinas akhir tahun, harus dihentikan. (foto ilustrasi)
Kebiasaan melakukan perjalanan dinas akhir tahun, harus dihentikan. (foto ilustrasi)

LOLAK- Kerja keras legislatif dan eksekutif Kabupaten Bolmong dalam membahas dan menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tampaknya sia-sia.

Pasalnya, meski sudah dikonsultasikan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dan mendapatkan Surat Keputusan (SK) Gubernur, namun hingga saat ini belum ada kegiatan yang bisa dilaksanakan.

Ironisnya, penyebab utama belum bisa dicairkannya dana dalam APBD-P dikarenakan hampir keseluruhan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk pemerintah Kecamatan belum melakukan perbaikan hasil evaluasi.

Parahnya lagi, meski tugas tersebut belum selesai, sejak beberapa hari terakhir ini hampir keseluruhan pimpinan SKPD ramai-ramai melaksanakan perjalanan dinas. “Seharusnya, pimpinan SKPD menyelesaikan tugas tersebut barulah lakukan perjalanan dinas,” tegas Supandri Damogalat, tokoh pemuda Bolmong.

Menurutnya, tinggal dua bulan lagi tahun anggaran 2016 akan berakhir. Namun hingga saat ini dana yang tertata dalam APBD-P belum diproses. “Kita takutkan pada akhir tahun anggaran nanti banyak Silpa (Sisa lebih perhitungan anggaran). Jika hal ini terjadi menandakan sejumlah program yang sudah ditata pemerintah tidak dijalankan,” terangnya.

Kepala Bidang Anggaran DPPKAD Bolmong Subhan Paputungan mengakui hal tersebut. “Beberapa SKPD yang mendapatkan catatan dari hasil evaluasi di Pemprov, mulai menindaklanjuti penyesuaian tersebut. Tapi, umumnya banyak yang belum memasukkan perbaikan, apalagi di Kecamatan,” ujarnya.

Ditambahkannya, setelah selesai penyesuaian tersebut, pihaknya masih akan melakukan input data dalam Simda. “Tentunya masih membutuhkan waktu. Untuk itu, diharapkan para SKPD agar secepatnya memasukkan penyesuaian tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kabupaten Bolmong Welty Komaling SE MM mendesak kepada pimpinan SKPD untuk secepatnya menyeriusi penyesuaian tersebut. Katanya, seharusnya proses APBD-P sudah bisa dilaksanakan saat ini. “Pimpinan eksekutif tentunya harus menyeriusi hal tersebut agar berbagai program tidak terhambat,” kuncinya. (alk)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Ketua KNPI Bolmong Serahkan Langsung Bantuan untuk Korban Banjir Manado

3 Februari 2023 - 15:32 WITA

Mendagri Puji Kinerja Bupati Bolmong, Limi: Ini Berkat Kerja Keras Kita Semua

31 Januari 2023 - 19:52 WITA

Musrenbang Tuntas, Infrastruktur Dominasi Usulan 12 Desa di Kecamatan Dumoga Barat

25 Januari 2023 - 12:02 WITA

Triwulan Dua Dana Banpol Bolmong 2023 Cair, PDI Perjuangan Terbesar

24 Januari 2023 - 14:20 WITA

Presiden Targetkan Bendungan Lolak Selesai Maret atau April 2023, Jokowi Pasti ke Bolaang Mongondow

20 Januari 2023 - 13:18 WITA

Hampir 2 Tahun Cabuli Anak di Bawah Umur, Kepala Panti Asuhan di Lolak Ditahan Polda Sulut

19 Januari 2023 - 14:30 WITA

Trending di Berita Bolmong