Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Pengusaha Dilarang Praktik Monopoli


22 Mar 2017 11:37 WITA


 Pengusaha Dilarang Praktik Monopoli Perbesar

Ashari Sugeha (Sekertaris Daerah)
Ashari Sugeha

BOLMONG– Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia berkerja sama dengan Pemkab Bolmong, melaksanakan kegiatan diseminasi Undang-undang Nomor 5 tahun 1999 tentang larangan praktik monopoli persaingan usaha.

Sekretaris Daerah, Ashari Sugeha, membuka langsung kegiatan tersebut bertempat diruang rapat  lantai dua Kantor Bupati Bolmong di Lolak. “Pemkab Bolmong menyambut baik dan kegiatan ini sangat bermanfaat,” kata Ashari saat membacakan sambutan Penjabat Bupati, Adrianus Nixon Watung.

Dijelaskan Ashari, pembangunan ekonomi di Bolmong, telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. “Itu semua sukses didorong oleh kebijakan pembangunan,” ujarnya, Rabu (22/03).

Sementara itu, Deputi Penegakan Hukum (KPPU RI) Mohammad Nur Rofieq mengatakan, perkembangan usaha swasta dalam kenyataanya, sebagaian besar merupakan perwujudan kondisi persaingan usaha.

Kondisi ini didukung oleh adanya hubungan terkait antara pengambil keputusan dan para pelaku usaha yang terus memperburuk keadaan. “Penyelenggaraan ekonomi kurang mengacu pada amanat Undang-undang dasar 1945, pasal 33. Juga cenderung menunjukan corak monopolistik,” jelasnya.

Dijelaskan, praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, sangat merugikan masyarakat, bertentangan dengan cita-cita keadilan sosial dan keadilan ekonomi. “Atas dasar inilah dikeluarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999, tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Ini juga memberikan perlindungan bagi setiap pelaku usaha,” urainya. (ahr)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pj Bupati Jusnan Buka Pelatihan Pengembangan Konten Digital oleh Disdik Bolmong

12 Juli 2024 - 19:09 WITA

Pj. Walikota Kotamobagu Ikuti Evaluasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah di Kemendagri

11 Juli 2024 - 16:54 WITA

DPMD Kotamobagu Matangkan Penerapan Pemyesuaian Masa Jabatan Sangadi

11 Juli 2024 - 15:58 WITA

Jerry Tuuk Masuk Radar PDIP di Pilkada Bolmong, Figur Bersih Pengalaman Mumpuni

10 Juli 2024 - 20:16 WITA

Bupati Jusnan Buka Sosialisasi Pendampingan Hukum Bagi Sangadi se-Bolmong

10 Juli 2024 - 15:28 WITA

Felix Rapar: Kebijakan dan Terobosan dr. Jusnan Selama 2 Bulan Kepemimpinan Bawa Berkah Perubahan Bagi Bolmong

10 Juli 2024 - 12:45 WITA

Trending di Berita Bolmong