Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Yasti – Yanny Disambut Adat Mongondow


25 Mei 2017 03:13 WITA


 Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk Perbesar

Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk

Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk
Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk

BOLMONG– Sebelum melaksanakan tugas Pemerintahan Pembangunan serta Kemasyarakatan, Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow, Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny, Selasa (23/05), disambut secara adat saat tiba di Rujab (Rumah Jabatan) yang berada di Bukit Iburing Desa Lalow Kecamatan Lolak.

Penjemputan adat dipimpin langsung oleh Direktur LWB (Lembaga Warisan Budaya) Bolmong Raya, Chairun Mokoginta.

Saat memasuki pintu gerbang Rujab, Yasti-Yanny disambut salah satu pelaksana adat dengan bahasa adat. Kemudian digiring dengan Tari Tuitan dan Tari Ronggo menuju Lukotan atau sebuah jembatan kecil yang terbuat dari bambu kuning dan dihiasi degan janur.

Ketua LWB Bolmong Raya, Chairun Mokoginta mengatakan, penjemputan secara adat dimulai dengan Itu-itum atau doa kebaikan dalam bahasa mongondow, yang didalamnya mengandung doa untuk keselamatan, umur panjang, murah rejeki, berhasil memimpin daerah.

Setelah itu menuju Lukotan, tumotoy kon tolatak sinombuaya atau melewati jembatan yang terbuat dari bambu kuning dihiasi janur dengan pegangan yang dirancang menyerupai mulut buaya. “Proses ini adalah simbol perjuangan melalui jalan diatas bambu kuning sebagai penerimaan kepada pemimpin daerah secara adat,” jelas Chairun.

Ada juga proses monabang atau membuat sesuatu tempat menjadi steril dari gangguan roh halus roh jahat. Kemudian pelaksanaan Bondit atau terang terangan, melantunkan syair tidak menggunakan kata hiasan. “Setelah itu kita laksanakan tarian Ronggo atau pembersihan. Ini maknanya membersihkan segala halangan dan rintangan saat proses perjalanan kepemimpinan dilaksanakan,” ujar Chairun.

Tarian Ronggo ini lanjutnya, terakhir dilaksanakan di jaman Mantan Bupati O N Mokoagow. “Sekitar 50 tahun yang lalu tarian Ronggo ini ditampilkan pada jaman Bupati O N Mokoagow. Kali ini kembali ditampilkan di jaman Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow,” katanya.

Pelaksanaan adat terakhir dilakukan dalam rumah jabatan, disaksikan mantan Penjabat Bupati Adrianus Nixon Watung, PPD (Pimpinan Perangkat Daerah), para Camat dan ASN (Aparatur Sipil Negara). Setelah itu dilanjutkan dengan doa bersama. (ahr)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pj. Walikota Kotamobagu Sebut Sampaikan Pemkot Dukung Peningkatan Kualitas UMKM

13 Juni 2024 - 21:19 WITA

Tekan Angka Stunting, Dinas PP-KB Kotamobagu Gelar Kegiatan Mini Lokakarya

13 Juni 2024 - 20:24 WITA

Sukseskan Pilkada 2024, KPU Bolmong Gelar Media Gathering Bersama Pewarta

13 Juni 2024 - 17:47 WITA

Meiddy Makalalag- Abdul Haris Mongilong Dinilai Pasangan Ideal Diusung PDIP Kotamobagu

13 Juni 2024 - 10:48 WITA

Lima Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Kota Sekayu

12 Juni 2024 - 12:56 WITA

Bupati Iskandar Hadiri Paripurna, DPRD Bolsel Terima Pertanggungjawaban APBD 2023

11 Juni 2024 - 20:06 WITA

Trending di Berita Bolsel