Menu

Mode Gelap

Berita Bolmut

Prioritas Dana Desa Adalah Pemberdayaan


2 Apr 2017 13:28 WITA


 Ivan Gahtan Perbesar

Ivan Gahtan

Ivan Gahtan
Ivan Gahtan

BOLMUT- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow   (Bolmut), sedang menunggu penyusunan anggaran pendapatan dan belanja di 106 Desa untuk persiapan pencairan anggaran pada April ini.

Apalagi dua Perbup (Peraturan bupati) telah ditandatangani. Yakni Perbup tentang pengelolaan dana desa dan Perbup tentang pendapatan asli desa lewat dana desa tahun 2017. “Untuk dana desa tingal menunggu proses penetapan yang dituangkan di APBDes oleh Kepala Desa sesuai dengan rencana program yang akan dilaksanakan desa,” kata Ivan Gahtan, Kepala Bidang Perencanaan Pemerintahan Desa.

Selain itu, tinggal memberikan laporan ke Pemerintah pusat. Sehingga proses pencairan segera masuk rekening daerah dan akan diteruskan ke kas desa. Menurut Ivan, semua tahapan regulasi telah dilakukan oleh para perangkat desa. Bahkan, dia meyakini pertengahan April, anggaran tersebut akan masuk kas desa. “Kalau tak ada kendala, pekan depan akan terealisasi,” jelasnya.

Ivan menabahkan, diharapkan dana desa akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sesuai dengan regulasi yang ada. “Sebanyak 60 persen anggaran dana desa diperuntukan pada peberdayaan. Diharapkan ini dapat sesuai dengan bunyi perbup tentang sasaran peningkatan ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB), Kerukunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow Utara (KPMIBU), An Tinamonga mengatakan, pengelolaan dana desa harus diawasi oleh masyarakat. “Meski ada pendamping desa, masyarakat juga harus berperan dalam mengawasi realisasi anggaran yang bersumber dari APBN ini. Pengelolaan harus transparan dan akuntabel,” pungkasnya. (tr-2)

 

Komentari
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Jelang Resepsi Pernikahan Putri Pj. Wali Kota Kotamobagu, Diahub Diberlakukan Rekayasa Arus Lalu Lintas

22 Juli 2024 - 21:38 WITA

Kebakaran Sumur Minyak Ilegal Terjadi Lagi di Muba, Kapolda Sumsel Minta SKK Migas Lakukan Penutupan Permanen

22 Juli 2024 - 09:21 WITA

HUT ke-16 Kabupaten Bolsel, Bupati dan Wabup Ziarah ke Makam Tokoh Pemekaran

20 Juli 2024 - 17:16 WITA

Pj Bupati Muba Ikuti Apel dan Simulasi Karhutla Sumsel 2024

20 Juli 2024 - 15:20 WITA

Personil Gabungan Polres Muba Ikut Bakti Sosial Donor Darah di Kantor Kejari

20 Juli 2024 - 14:25 WITA

Dinas PPKB Kotamobagu Raih Penghargaan dalam Lomba PSA Tingkat Sulut

19 Juli 2024 - 13:53 WITA

Trending di Berita Daerah